Page 89 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 89

Cnbmmln l'endidikrm 2


             Kesimpulan  kedua  adalah  bahwa  kemampuan  rntelektual
      itu  berubah-ubah  atau  berkembang  (fluid),  tidak  bersifat  tetap.
      Sementara  kesimpulan  ketiga  (Carne  &  Caine.  1997.  Sylwester,
      1995)  menyatakan  bahwa  neuron  tumbuh  dan  berkembang  jika
      mereka  digunakan  secara  aklif.  Sebaltknya  situasi  atropi  akan
      drcapai  bila  neuron  tidak  digunakan  secara  aktif.  Dalam  hal  ini,
      memberikan  atau  menciptakan  pengalaman  belajar  yang  kaya
      dan  bervariasi  akan  sangat  membantu  perkembangan  kemam-
      puan  intelektual  siswa  sementara  pengalaman  belajar  yang
      miskin  (yang  sangat  monoton)  akan  menurunkan  kemampuan
      intelektual siswa (Caine & Caine.  1997).


      C.  Otak Manusia yang Selalu Haus akan Makna
             Menurut Caine & Caine  (1997).  Jensen (1998),  Kalbfleish
      ( 1997),  dan  Sylwester  (1995).  otak  man usia  selalu  mencari  pola
      kebermaknaan  dan  akan  selalu  menolak  ketidakbermaknaan.
      Oleh  karena  itu,  informasi yang dipilah-pilah berdasarkan  kategori
      atau  kelompok  dalam  jumlah  yang  tidak  terlalu  besar  pada  satu
      titik  waktu  akan  lebih  dapat  dan  lebih  cepat  diterima  oleh  otak
      daripada  informasi  dalam  jumlah  banyak  yang  tercampur  baur
      menjadi  satu.  Pemilahan  berdasarkan  kategori  atau  kelompok
      memudahkan  penciptaan  makna  oleh  otak  manusia  melalui
      analisis  keterkaitan  antara  informasi  yang  baru  dan  informasi
      yang telah dimilikinya.
             Otak manusia menciptakan makna jika otak terlibat dalam
      proses  penciptaan  makna  (sense-making)  tersebut.  Otak  manu-
      sia  tidak  akan  menciptakan  makna  dari  setumpuk  informasi  yang
      disampaikan  atau  ada  di  depan  mata (superimposed)  Lebih jauh
      lagi,  kebermaknaan  tidak  akan  tercapai  jika  informasi  tidak
      memiliki  makna  yang  mendalam.  tidak  menyentuh  ke  dalam  hati





                                                               73
   84   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94