Page 90 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 90

l'rllllll'll.  Kuohro.1  dola•n  l'emlw/njnmn



             dan  pribadi  seseorang,  serta  tidak  relevan  bagi  kehidupan  dan
             situasi yang dialami seseorang.


             D.  Tantangan yang Cukup Dapat Memacu Siswa
                 Belajar dengan Baik.
                    Melalui  berbagai  hasil  penelitian  dapat  diketahui  bahwa
             s1swa  dapat belajar dengan baik jika memperoleh lantangan  yang
             cukup  (Bess.  1997:  Jensen,  1998;  Vygotsky,  1978,  1986).
             Tantangan yang cukup bukan berarti tantangan yang  lerlalu sukar
             atau tantangan yang terlalu  mudah.  Tantangan yang ter!alu sukar
             untuk  siswa  akan  menyebabkan  siswa  merasa  terancam  dan
             tidak  mampu.  Siswa  yang  merasa  terancam  tidak  akan  memiliki
             ketekunan  (persistence)  atau  tertantang  untuk berpikir lebih  lanjut
             dan  memecahkan  masa!ah.  Sebaliknya,  tantangan  yang  ter!a!u
             mudah menekan kemampuan berpikir siswa, sehingga siswa tidak
             dapat  berpikir optimal.  Dalam  situasi  ini,  siswa biasanya  menjadi
             malas atau santai.
                    Tantangan  yang  cukup  adalah  tantangan  yang  mendo-
             rong  dan  memotivasi siswa  untuk berani  mengambil  resiko,  untuk
             mencoba  sesuatu  yang  belum  diketahui,  namun  memiliki
             pengetahuan dasar yang cukup untuk memulai dan  berada da!am
             sistem  yang  mendukung  pencapaian  baru  tersebut.  Siswa  yang
             se!a!u  gaga!  akan  frustasi  dan  siswa  yang  selalu  berhasil  akan
             kehilangan  motivasi belajar.  Dengan demikian, agar proses  bela-
             jar  dapat  berlangsung  terus,  siswa  harus  sampai  pada
             kepercayaan  bahwa  kerja  keras  memang  diperlukan  tetapi  kerja
             keras  tersebut  dapat  menghasilkan kepuasan  pada  saat berhasil.
             Perlu  diperhatikan  bahwa  tantangan  yang  cukup  untuk  hari  ini
             atau  saat  ini  belum  berarti  'cukup'  untuk  hari  esok  karena
             tantangan  harus  berkembang  sesuai  dengan  perkembangan
             siswa dalam be!ajar.




             74
   85   86   87   88   89   90   91   92   93   94   95