Page 74 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 74

Alllll'l!llli,  Snir''ll  l'r•ndidl~tlll /(/Ia/.;  hwh .



             (ketersediaan  dan  kemudahan  memperoleh  atau  menggunakan
             med1a).  !Jiaya  (bagi  institusi  dan  peserta  ajar).  dan  fungsi
             pembelajaran.
                    Pengembangan  bahan  ajar  yang  mengikuti  pedoman
             disertai  dengan  pemillhan  media  yang  tepa!  akan  menghasilkan
             bahan  aJar  yang  dapat dipelajari secara mandiri oleh  peserta ajar.
             Dari  sis1  peserta  ajar,  peserta  PJJ  adalah  individu  yang  mampu
             belajar  mandiri  secara  individual  dan  kelompok  tanpa  bantuan
             l;:mgsun(J  dari  pengaJ<H  Peserta  program  juga  memiliki  akses
             terhadap  merJ1a  komunikasi  untuk  mempelajari  bahan  aJar  yang
             mel1puti  akses  untuk  membaca  buku,  akses  untuk  bahan  audio-
             visual.  serta akses terhadap media komunikas1 termasuk Internet.
                    Aspek  selanJulnya  yang  perlu  diperhatikan  adalah  pem-
             belaJaran.  Meskipun materi aJar sudah dikembangkan sedemikian
             rupa  sehmgga  dapat  dipelaJari  secara  mandiri,  tetapi  peserta  ajar
             tetap  memerlukan  bantuan  belajar  (Sewart,  1984).  Bahan  ajar
             yang  cllproses  sebelum  proses  belaJar  lidak  dapat  menggantikan
             funqsi  dan  per an  dosen  1 OQ%,,  peserta  ajar  tetap  perlu  umpan
             balik.  Yang  perlu  d1perhatikan.  bantuan  belaJar  dalam  PJJ  bukan
             pengganti  pertemuan  tatap  muka  seperti  yang  dilakukan  pada
             Slstem  tatap  muka.  Bantuan  belajar,  dalam  bentuk  tutorial,
             c!ised1akan   dengan   dua   tujuan   (1)   memenuhi   tujuan
             pemtJelaJaran  mala  pelajaran  yang  menuntut  diadakannya
             pert8muan  tatap  muka,  misalnya  praktikum,  dan  {2}  memenuhi
             kebutuhan peserta ajar yang kesulitan  untuk belajar sendiri.
                    Bahan  dan  proses  evaluasi  hasil  belajar  dalam  PJJ
             rlilakuk;;m  rlengan  memperhatfl<.an  komponen-komponen  yang
             digunakan  dalam  pengembangan  bahan  ajar.  Masalah  yang
             penting  (krusial)  dalam  bahan  evaluasi  adalah  kebocoran.
             Berkaitan  dengan  hal  tersebut  PJJ  menuntut  sistem  manajemen
             yang menyeluruh dan terkontrol.




             58
   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79