Page 73 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 73
('a/.:rm\'11/n l'n1dir!lkan .?
5. Batasan yang jelas pada pergantian tema/topik materi. sepert1
dengan menuliskan pergantian topik secara eksplisit, atau jika
dalam bentuk terekam (kaset). dengan pengisi suara yang
berbeda.
Untuk mendapatkan bahan a1ar yang secara optimal
dapat dipelajari secara mandiri dianJurkan untuk menggunakan
sistem moduler. Mager (1995) menullskan delapan komponen
penting yang harus ada dalam bahan ajar yang menggunakan
sistem moduler yaitu sebagai berikut.
1. Deskripsi maten ajar secara menyeluruh
2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3. Manfaat dan relevansi materi aJar
4. Contoh kompetens1 yang akan dimiliki setelah mempelajari
modul
5. Materi ajar
6. Latihan
7. Umpan balik
8. Cara untuk menguji keterampilan yang telah dipelajari
Mengingat bahwa karakteristik utama PJJ adalah adanya
keterpisahan antara pengajar dengan peserta ajar maka maten
aJar dalam PJJ harus disampaikan melalui media. Peranan media
sangat besar dalam PJJ. Bahkan Sauve (1983) menyatakan
bahwa tanpa media, tidak akan ada PJJ. Dengan demikian
masalahnya ada pada pemilihan media. Media terdiri dari banyak
ragam dan masing-masing memiliki karakteristik tersendiri.
lnst1tusi pengelola PJJ harus hati-hat1 menentukan pilihan media
karena efektivitas pembelaJaran dipengaruhi oleh efekt1vitas
penggunaan media.
Beberapa pakar memberikan acuan dalam pemilihan
media (lihat Rowntree. 1994; Bates, 1995) Pada intinya, ada tiga
faktor yang harus diperhatikan pada saat institusi menentukan
media yang akan digunakan, yaitu akses terhadap media
57