Page 68 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 68

·l111hi11111,  Si,tr'lll  /'('111/lflikrmJnmk  Jauh.



             tercermin dalam akuntabilitas pengelolaan dan proses pendidikan.
             Kesenjangan  kualitas  PT  ini  diakui  oleh  Majelis  Rektor PT  Negeri
             (PTN)  berlaku  juga  di  PTN  (Med1a  Indonesia.  30  Juli  2002).
             Majelis  memprihat1nkan  adanya  kesenjangan  mutu  pend1dikan
             antar  PTN  dan  telah  berusaha  keras  untuk  mengurangi
             kesenjangan  tersebut  melalui  pembentukan  jaringan  interkonek-
             sitas
                    Upaya  perbaikan  dan  penyempurnaan  kualitas  pendidik-
             an  tinggi  tidak  hanya  dilakukan  Majelis  Rektor  tetapi  juga  oleh
             pemerintah,  baik  dalam  bentuk  peraturan  maupun  kucuran  dana.
             Meskipun  demikian,  pemerintah  mengakui  bahwa  pendididkan
             tinggi  berbiaya  mahal  seperti  yang  dinyatakan  oleh  Direktur
             Jenderal  Pendid1kan  Tinggi  (Oirjen  Oikti)  (Republika,  22  April
             2002).  Mahalnya  biaya  pendid1kan  ini  juga  menyebabkan
             banyaknya  gelar  palsu.  Kejadian  in1  lama-kelamaan  menyebab-
             kan publik tidak  lagi memandang gelar akademis sebagai sesuatu
             yang  mempunya1  derajat  keilmuan  tinggi  dan  tidak  lagi  dapal
             meningkatkan  status  sosial  (Fereshti,  2002).  Meskipun  biaya
             merupakan salah satu faktor yang banyak mempengaruhi kualitas
             pendidikan  linggi  dan  menjadi  keberatan  masyarakat.  Mendiknas
             menyatakan  bahwa tuntutan  untuk  menurunkan  biaya  pend1dikan
             tinggi  aclalah  tidak  realistis  (Media  Indonesia,  16  September
             2002).
                    Kesadaran  akan  tingginya  biaya  untuk  pendidikan  tinggi
             menyebabkan  Forum  Rektor  mengusulkan  dimanfaatkannya
             tenaga  di  PTN  oleh  PTN  lain  (Kompas,  23  September  2002}.
             Ketua  Forum  Rektor  Zulkifli  Hasan  mengemukakan  adanya
             tenaga  PTN  yang  belum  dimanfaatkan  secara optimal  di  PTNnya
             sementara  PTN  lain  tidak  dapat  memanfaatkan  tenaga  tersebut
             k<1rena  ketiadaan  sa luran.  Jalan  keluar  dalam  bentuk  multi-
             sourcing  sebenarnya  sudah  Juga  dilakukan  oleh  Dikti.  Saat  ini
             Diknas memiliki  Tim  7  ICT yang  ditugaskan  untuk mengembang-



             52
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73