Page 66 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 66
.lndnrmi, Siste111 l'nrdrrllka'l ./wok Jauh .
1966, kesempatan ini harus dibuka untuk seluruh masyarakat
karena pendidikan merupakan hak asasi setiap indiv1du yang
berlaku seumur hidup.
Pendidikan yang diperlukan ini terentang mulai dari
pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Pemerintah
Indonesia menyikapi kebutuhan 1ni dengan membuat kebijakan
penuntasan pendidikan dasar sembilan tahun. Untuk 1tu
Pemerintah telah mengalokasikan anggaran yang cukup besar.
Sementara itu, di tingkat pendidikan tinggi, kebijakan yang diamb1l
masih memerlukan penyempurnaan karena banyaknya masalah
yang timbul di sekitar pendidikan tinggi ini.
Dalam artikel ini akan dibahas masalah pendidikan tinggi
di Indonesia, pengertian sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), dan
penerapan PJJ di Indonesia. Melalui pembahasan ketiga topik ini
diharapkan dapat dipaparkan mengapa PJJ dapat dijadikan
Rlternatif bagi pendidikan tinggi berkuailtas di Indonesia.
A. Masalah Pendidikan Tinggi di Indonesia
Kualitas sumber daya manus1a di Indonesia sampai saat
ini masih belum menggembirakan. Bahkan Laporan UNDP
menyebutkan bahwa lndeks Pembangunan Manusia (IPM)
Indonesia turun dari peringkat 102 dari 162 negara pad a tahun
2001 menjadi 110 dari 173 negara pad a tahun 2002. Peringkat
ini jauh di bawah Singapura (25), Brunei (32). Malaysia (59),
Thailanci (70), bahkan Filipina (77). Situasi ini sudah disadari oleh
pemerintah Indonesia seperti yang tercermin dari pernyataan
Menko Kesra bahwa dalam persaingan dengan negara lain,
ibaratnya Indonesia hanya mampu bersaing pada t1ngkat kuli dan
pembantu rumah tangga (Kompas, 28 Maret 2002). Lebih jauh
Menko Kesra menyadari bahwa hal ini terjadi karena sistem
50