Page 65 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 65

Sistem  Pendidikan  ]arak ]auh

           Untuk Menciptakan Pendidikan

                         Tinggi yang Berkualitas













             &uasi dunia  yang  sudah  semaktn  menyatu  dimana
     perubahan  dt  satu  belahan  clunia  akan  mempengaruhi  (dengan
     cepat)  sttuasi  eli  belahan  humt  yang  latn  menuntut  sistem
     pendidrkan  yang  mampu  memfasilitasi  peserta  didik  untuk
     berkiprah.  Artinya.  sistem  pendidikan  dttuntut  untuk  mampu
     memberikan  proses  dan  hasil  yang  berkualitas  tinggi  yang  dapat
     dimanfaatkan  dalam  kehidupan  (saat  ini  &  masa  depan)  bagi
     peserta didiknya.
            Pertanyaannya  kemudian.  adalah:  "Substansi  pendidikan
     seperti apa  yang mampu memberikan kebutuhan tersebut?"
            Pendapat  Peters  (1999)  dalam  konferensi  yang  dtseleng-
     garakan  International  Consor1ium  on  Distance  Education  (ICDE)
     d1  Wina  mengenai  fokus  substansi  pendidtkan  terasa  tepa!  untuk
     diJadikan  titik  tolak  pemikiran  mengenai  pendidikan  berkualitas.
     Peters menyatakan bahwa substansi pendidtkan harus ditekankan
     pada  pelatihan  keterampilan  untuk  belajar  mandiri.  berkomu-
     nikasi,  bekerja  sama  dalam  suatu  tim,  memahami  gejolak
     sensitivitas  sosial,  mengemban  tanggung  jawab  sosial,  menjadi
     individu  luwes/lleksibel,  dan  memupuk  pengalaman  dalam
     bertindak  fleksibel.   Sejalan  dengan  deklarasi  UNESCO  tahun


                                                              49
   60   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70