Page 65 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 65
Sistem Pendidikan ]arak ]auh
Untuk Menciptakan Pendidikan
Tinggi yang Berkualitas
&uasi dunia yang sudah semaktn menyatu dimana
perubahan dt satu belahan clunia akan mempengaruhi (dengan
cepat) sttuasi eli belahan humt yang latn menuntut sistem
pendidrkan yang mampu memfasilitasi peserta didik untuk
berkiprah. Artinya. sistem pendidikan dttuntut untuk mampu
memberikan proses dan hasil yang berkualitas tinggi yang dapat
dimanfaatkan dalam kehidupan (saat ini & masa depan) bagi
peserta didiknya.
Pertanyaannya kemudian. adalah: "Substansi pendidikan
seperti apa yang mampu memberikan kebutuhan tersebut?"
Pendapat Peters (1999) dalam konferensi yang dtseleng-
garakan International Consor1ium on Distance Education (ICDE)
d1 Wina mengenai fokus substansi pendidtkan terasa tepa! untuk
diJadikan titik tolak pemikiran mengenai pendidikan berkualitas.
Peters menyatakan bahwa substansi pendidtkan harus ditekankan
pada pelatihan keterampilan untuk belajar mandiri. berkomu-
nikasi, bekerja sama dalam suatu tim, memahami gejolak
sensitivitas sosial, mengemban tanggung jawab sosial, menjadi
individu luwes/lleksibel, dan memupuk pengalaman dalam
bertindak fleksibel. Sejalan dengan deklarasi UNESCO tahun
49