Page 69 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 69
Cakmll'a/n !'e11didikrm 2
kan ICT untuk PT. Ketua Tim 7 ICT Diknas, Anggoro, menyebut-
kan bahwa dalam ICT untuk PT ini dilakukan pengembangan
infrastruktur yang dapat drmanfaatkan secara bersama atau
resource sharing oleh rnstrtusi pendidikan tinggi (Bisnis Indonesia,
20 Agustus 2002).
Disamping sarana dan prasarana yang dikembangkan
oleh Pemerintah. PT JUga dapal memanfaatkan fasililas peman-
faatan sumber daya bersama yang disediakan oleh swasta.
Indonesia Digital Library Network (lnclonesia DLN) merupakan
organisasi nonprofit yang kegiatannya melrputi mengembangkan,
mengimplementasikan, memasyarakatkan, dan memelihara
jaringan perpustakaan drgital. Data clari Indonesia DLN dapat
diakses melalui http://-idln.lrl.itb.ac.id dan http://gdlhub.indonesia-
adln.org.
Dari uraran bagran rni dapat disimpulkan bahwa masalah
pendrdikan trnggi dr lndonesra bermuara pada tiga hal utama,
yaitu keterbatasan daya tampung PT bermutu, keterbatasan
sumber daya (dana dan manusia) PT. serta kesenjangan mutu
diantara PT.
B. Pendidikan Jarak Jauh sebagai Alternatif
Tiga masalah utama dalam pendidikan tinggi di Indonesia
yaitu keterbatasan daya tampung, keterbatasan sumber daya.
dam kesenJangan mutu PT dapat diatasi antara lain melalui
sistem pendidikan Jarak jauh (PJJ).
Sebelum mencliskusrkan bagaimana PJJ dapat menjadi
alternatrf bagi pemenuhan pendidrkan tinggi yang berkualitas,
terlebih dahulu akan dibahas mengenai pengertian PJJ dan
perkembangan pemrkiran dalam PJJ. Bahasan ini diharapkan
akan dapat memberi bekal informasi dalam pembahasan
selanjutnya.
53