Page 72 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 72
·!ndnm11, Snlt'/11 l'f'ndulika•l .Jarak .Jauh .
Bagan I. Sistcm Pcndidikan Jarak Jauh
Penqelo!aan RED
(RrHJISirflsi Ev;;:u;;s1 OIS!nbust)
Suml>er: n. Andnam (2000). Manawmen Pendidtkan Jarak Jauh.
Jakarta. SEAMOLEC
Pada bagan 1 dapat dilihat bahwa dalam PJJ perlu
clipPrhatik<m P.mpat hal: bahan ajar, proses belajar, evaluasi hasil
belajar. dan manajemen. Berikut ini bahasan mengenai keempat
hal tersebut.
Bahan ajar dalam PJJ harus dikemas sedemikian rupa
sehingga mampu memenuhi kebutuhan peserta ajar untuk
rl1pelajari secara mandiri. Holmberg (1983) memperkenalkan
guide didactic conversation untuk mendapatkan atmosfir perca-
kapan nyata dalam PJJ, sebagai berikut.
1. Petunjuk secara eksplisit tentang hal-hal yang harus dan
jangan dilakukan peserta ajar, serta hal-hal yang harus
diperhalikan dan alasan-alasannya.
2. Perancangan dialog yang mengundang peserta ajar untuk
bertukar pikiran, bertanya, dan membuat pertimbangan
tentang materi apa yang menjadi fokus.
3. Upaya untuk memotivasi peserta ajar agar tertarik terhadap
materi yang diajarkan
4. Gaya penulisan materi yang komunikatif, seperti penggunaan
bahasa orang pertama
56