Page 72 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 72

·!ndnm11,  Snlt'/11  l'f'ndulika•l .Jarak .Jauh  .



                           Bagan  I.  Sistcm  Pcndidikan Jarak  Jauh











                                     Penqelo!aan RED
                                (RrHJISirflsi  Ev;;:u;;s1  OIS!nbust)

             Suml>er:  n.  Andnam  (2000).  Manawmen  Pendidtkan  Jarak  Jauh.
                      Jakarta.  SEAMOLEC

                    Pada  bagan  1  dapat  dilihat  bahwa  dalam  PJJ  perlu
             clipPrhatik<m  P.mpat  hal:  bahan  ajar,  proses  belajar,  evaluasi  hasil
             belajar.  dan  manajemen.  Berikut  ini  bahasan  mengenai keempat
             hal tersebut.
                    Bahan  ajar  dalam  PJJ  harus  dikemas  sedemikian  rupa
             sehingga  mampu  memenuhi  kebutuhan  peserta  ajar  untuk
             rl1pelajari  secara  mandiri.  Holmberg  (1983)  memperkenalkan
             guide  didactic  conversation  untuk  mendapatkan  atmosfir  perca-
             kapan nyata dalam PJJ, sebagai berikut.
             1.  Petunjuk  secara  eksplisit  tentang  hal-hal  yang  harus  dan
                jangan  dilakukan  peserta  ajar,  serta  hal-hal  yang  harus
                diperhalikan dan alasan-alasannya.
             2.  Perancangan  dialog  yang  mengundang  peserta  ajar  untuk
                bertukar  pikiran,  bertanya,  dan  membuat  pertimbangan
                tentang materi apa yang menjadi fokus.
             3.  Upaya  untuk  memotivasi  peserta  ajar  agar  tertarik  terhadap
                materi yang diajarkan
             4.  Gaya penulisan  materi yang  komunikatif,  seperti  penggunaan
                bahasa orang pertama





            56
   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77