Page 76 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 76
lndri!llll . . \,,,,.,11 / ('1/dllhkrm .lamk Jauh . .
1
tnrcerm1n dari pernyataan Mendiknas bahwa PJJ memiliki aspek
pos1tif berupa sistem ujian, standar pengajaran. fleksibilitas tinggi
clalam belajar, dan peserta ajar lebih mandiri (Sinar Harapan &
Berita Kola. 5 September 2002). Lebih Jauh, Rektor Universitas
Terbuka (UT} yang merupakan perguruan tinggi yang menerap-
kan PJJ secara penuh menyatakan bahwa berdasarkan penga-
IAman menerapkan PJJ, UT mendapatkan hasil positif PJJ dari
peningkatan eflsiensi kurikulum, penggunaan mala kuliah
lwrsama, penggunaan bahan ajar bersama, dan pengaturan
program stucli yang sudah jenuh (Sinar Harapan, 5 September
2002).
Penerapan PJJ di Indonesia tidak hanya dimonopoli oleh
UT. f3erclasarkRn Kepmen No 107/UfTahun 2001 tanggal 2 Juli
!P.ntAng PenyelenggRraRn Program Pendidikan Tinggi Jarak Jauh,
pnrquruRn t1nggi dapat menyelenggarakan PJJ dengan mengikuti
pnrsvRraiAn yang Ieiah ditetapkan. Syarat tersebut meliputi lima
Rspek l1erikut ini.
1. rv1erniliki sumber daya untuk merancang, menyusun, mem-
produksl. dan menyebarluaskan seluruh bahan ajar yang
dlf'"JEHiukRn untuk memenuhi kurikulum program.
2. BekeqA sAm A dengan perguruan tinggi lain yang sudah
memil1k1 1jin penyelenggaraan program studi yang sama untuk
memfasilitas1 keg1atan pengembangan program dan bahan
aji-'lr. pembenan layanan bantuan belajar, layanan perpus-
IAkaan, pelaksanaan praktikum dan pemantapan pengalaman
lapangan, serta penyelenggaraan evaluasi hasil belajar
sAcara jmak jauh.
3. Mempunyai sumber daya untuk memutakh1rkan secara
herkaiA set1ap bahan ajar yang diproduksi sesuai dengan
rerkembangan ilmu pengetahuan. teknologi, dan seni.
60