Page 76 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 76

lndri!llll . . \,,,,.,11  / ('1/dllhkrm .lamk Jauh  . .
                           1


             tnrcerm1n  dari  pernyataan  Mendiknas  bahwa  PJJ  memiliki  aspek
             pos1tif  berupa  sistem  ujian,  standar pengajaran.  fleksibilitas  tinggi
             clalam  belajar,  dan  peserta  ajar  lebih  mandiri  (Sinar  Harapan  &
             Berita  Kola.  5  September  2002).  Lebih  Jauh,  Rektor  Universitas
             Terbuka  (UT}  yang  merupakan  perguruan  tinggi  yang  menerap-
             kan  PJJ  secara  penuh  menyatakan  bahwa  berdasarkan  penga-
             IAman  menerapkan  PJJ,  UT  mendapatkan  hasil  positif  PJJ  dari
             peningkatan  eflsiensi  kurikulum,  penggunaan  mala  kuliah
             lwrsama,  penggunaan  bahan  ajar  bersama,  dan  pengaturan
             program  stucli  yang  sudah  jenuh  (Sinar  Harapan,  5  September
             2002).
                     Penerapan  PJJ  di  Indonesia  tidak  hanya  dimonopoli  oleh
             UT.  f3erclasarkRn  Kepmen  No  107/UfTahun  2001  tanggal  2  Juli
             !P.ntAng  PenyelenggRraRn  Program  Pendidikan Tinggi Jarak Jauh,
             pnrquruRn  t1nggi  dapat  menyelenggarakan  PJJ  dengan  mengikuti
             pnrsvRraiAn  yang  Ieiah  ditetapkan.  Syarat  tersebut  meliputi  lima
             Rspek  l1erikut  ini.
             1.  rv1erniliki  sumber  daya  untuk  merancang,  menyusun,  mem-
                 produksl.  dan  menyebarluaskan  seluruh  bahan  ajar  yang
                 dlf'"JEHiukRn  untuk memenuhi kurikulum program.
             2.  BekeqA  sAm A  dengan  perguruan  tinggi  lain  yang  sudah
                 memil1k1  1jin  penyelenggaraan program studi yang sama untuk
                 memfasilitas1  keg1atan  pengembangan  program  dan  bahan
                 aji-'lr.  pembenan  layanan  bantuan  belajar,  layanan  perpus-
                 IAkaan, pelaksanaan  praktikum dan  pemantapan pengalaman
                 lapangan,  serta  penyelenggaraan  evaluasi  hasil  belajar
                 sAcara jmak jauh.
             3.  Mempunyai  sumber  daya  untuk  memutakh1rkan  secara
                 herkaiA  set1ap  bahan  ajar  yang  diproduksi  sesuai  dengan
                 rerkembangan ilmu pengetahuan. teknologi, dan seni.







             60
   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81