Page 78 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 78

.1nduoni,  S/111'111  l'!'lldtrMttli .!om/..  .foul!.



            rnelaksc:makan  PJJ  Jlka  tidak  memiliki  i]in  sementara  PT  tetap
            IJms:keras  untuk  tetap  melakukannya  karena  menurut  mereka
            yang dilakukan bukanlah  PJJ tetap:  hanya kelas Jauh.
                    Pada  dasarnya  ada  perbedaan  yang  mendasar  antara
            kr:lils  Jauh  dengan  PJJ.  Kelils  jiluh  memindahkan  kelas  secara
            f:s:k  pacla  Jarak  yang  Jauh  dan  iokasi  kampus  induk.  Oengan
            fiom:k:an  maka  desa1n  pembeliljaran  yang  diterapkan  adalah
            clesa:n  pRmbelaJilran  tatap muka sehingga buku.  jam  belajar.  dan
            UJian  rl:rancang  secara  tatap muka.  Pada  kelas jauh,  peserta ajar
            diwapbkan  untuk  had1r  d:  kelas  sebilgaimana  pada  pembelajaran
            lillilp  muka.  Sementara  itu  PJJ  merupakan  s:stem  belajar  yang
            cJan  awal  dirancang  dengan  memperhalikan  kelerpisahan  fisik
            antara pengajar clan  peserta aJar.  Materi ajar d1sampa:kan  melalui
            med:a  yang  isinya sudah  siap satu semester di muka.
                   Kerancuan  pengerlian  ini  JUga  lerjadi  unluk  pendidikan
            korespondnnsi  (correspondence  education),  pendid:kan  terbuka
            (open  educatwn),  belaJar  eleklron:k  (e-learning),  pendid1kan
            Plektronik  (e-Aducatron).  (Jan  kelas  maya  (virtual  classroom).
            rl1esk:pun  menggunakan  media  dalam  proses  pembelajaran,
            tntRpl  s:stem-sisiE}m  tersebut  lidak  dapat  dikatakan  sebagai  PJJ
            k<1rena  clalam  PJJ  arJa  karaklerist:k la:n  di luar penggunaan media
            yRnrJ  h;:uus clipenuhi  Mesk1pun  demikian,  kecenderungan peman-
            faat(ln  Internet  dan  wtual  learning  1n1  dapat  dijadikan  titik  lolak
            lJ(lQI  pengembangan PJJ.
                   Saat  in1  ada  beberapa  PT  yang  sudah  menerapkan
            pnrnonfaAtan  Internet  dalam  proses  pembelajarannya.  Pada
            pnr:ode Januan-Snptnmher 2002.  Universitas Brawi]aya (Unibraw)
            \AI<Jh  melakuk<Jn  kuliRh  J<lri'lk  Jauh  dengan  meilbatkan  dosen  dari
            Jopang  (Kompas.  24  September 2002).  Kuilah  dosen  di  Jepang
            cJ:tan~Jkap  kamma  untuk  SA!anjutnya  ditransmis1kan  dari  Jepang
            clnn  divisu<111Si1Sikan  dengan  dua  layar  Iebar  di  kelas  di  Umbraw.
            Bcn:tu  JUCJ<'l  sebal1knya  untuk  mahasiswa  yang  mengikuti  eli



            62
   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83