Page 404 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 404
flarymw, Kl'ia:s Vimwl: Pengatum, P()(emi .
pelajaran atau kuliah, memberikan motivasi dan mening-
katkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran atau mata
kuliah yang akan dipelajari.
c. Memberikan tugas mingguan secara teratur, mengumpul-
kan pekerjaan siswa, memberikan nilai terhadap tugas itu
yang dilakukan secara on line. Tugas tersebut akan dapat
memberikan gambaran kepada guru atau dosen
mengenai titik lemah masing-masing siswa. Guru atau
dosen perlu meminta setiap individu siswa untuk
mempelajari ulang dan memperbaiki tugas berkaitan
dengan bagian-bagian pelajaran yang masih belum
dikuasai.
d. Tidak terlalu memberikan tekanan pada kecepatan belajar
siswa. Setiap individu siswa dibiarkan maju dengan
kecepatan belajar masing·masing. Siswa tentu akan
mengatur kecapatan belajarnya sendiri. Dalam mengatur
kecepatan belajarnya, siswa tentu harus menyesuaikan
diri dengan jadwal kegiatan yang diatur guru atau dosen.
Siswa harus dapat menyerahkan tugas tepat waktu dan
harus mengikuti ujian-ujian sesuai dengan jadwal ujian
yang berlaku.
Oi dalam mengerjakan tugas-tugas mingguan siswa perlu
didorong untuk berinteraksi dengan ternan sekelas maupun
dengan guru. lnteraksi itu dapat dilakukan baik melalui e-mail,
papan buletin, maupun diskusi (real time discussion) secara on
line. Dalam hal ini guru atau dosen perlu mendorong terciptanya
learning society di antara siswa dengan memberikan tugas secara
berkelompok. Guru atau dosen juga perlu melakukan student
tracking untuk melihat siswa yang aktif belajar dan siswa yang
kurang aktif belajar. Siswa yang kurang aktif belajar dihubungi
dengan e-mail untuk diberi motivasi dan memberikan bantuan bila
mengalami kesulitan belajar.
386