Page 404 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 404

flarymw,  Kl'ia:s  Vimwl: Pengatum,  P()(emi  .


               pelajaran  atau  kuliah,  memberikan  motivasi  dan  mening-
               katkan  ketertarikan  siswa  terhadap  pelajaran  atau  mata
               kuliah yang akan dipelajari.
            c.  Memberikan tugas  mingguan  secara teratur,  mengumpul-
               kan  pekerjaan siswa,  memberikan nilai terhadap tugas itu
               yang dilakukan secara on line.  Tugas tersebut akan dapat
               memberikan  gambaran     kepada  guru    atau   dosen
               mengenai  titik  lemah  masing-masing  siswa.  Guru  atau
               dosen  perlu  meminta  setiap  individu  siswa  untuk
               mempelajari  ulang  dan  memperbaiki  tugas  berkaitan
               dengan  bagian-bagian  pelajaran  yang  masih  belum
                dikuasai.
            d.  Tidak terlalu memberikan tekanan pada kecepatan belajar
                siswa.  Setiap  individu  siswa  dibiarkan  maju  dengan
                kecepatan  belajar  masing·masing.  Siswa  tentu  akan
                mengatur  kecapatan  belajarnya  sendiri.  Dalam  mengatur
                kecepatan  belajarnya,  siswa  tentu  harus  menyesuaikan
                diri dengan jadwal kegiatan  yang  diatur guru atau dosen.
                Siswa  harus  dapat  menyerahkan  tugas  tepat  waktu  dan
                harus  mengikuti  ujian-ujian  sesuai  dengan  jadwal  ujian
                yang berlaku.
                Oi  dalam mengerjakan tugas-tugas  mingguan siswa perlu
        didorong  untuk  berinteraksi  dengan  ternan  sekelas  maupun
        dengan  guru.  lnteraksi  itu  dapat  dilakukan  baik  melalui  e-mail,
        papan  buletin,  maupun  diskusi  (real  time  discussion)  secara  on
        line.  Dalam  hal  ini  guru  atau  dosen  perlu  mendorong  terciptanya
        learning society di antara siswa dengan memberikan tugas secara
        berkelompok.  Guru  atau  dosen  juga  perlu  melakukan  student
        tracking  untuk  melihat  siswa  yang  aktif  belajar  dan  siswa  yang
        kurang  aktif  belajar.  Siswa  yang  kurang  aktif  belajar  dihubungi
        dengan e-mail untuk diberi motivasi dan memberikan bantuan bila
        mengalami kesulitan belajar.



        386
   399   400   401   402   403   404   405   406   407   408   409