Page 409 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 409
C'akrawala Pendidikan 2
Mengajar dengan menggunakan Internet dapat lebih
hidup bila beberapa unsur penyajian digunakan dengan cara yang
benar. Penyajian isi pelajaran dapat dibantu oleh program video
dan audio, supaya menjadi lebih menarik. Jadi penyajian
pelajaran melalui Internet dapat disertai suara, gambar, dan
gerakan-gerakan gambar. Unsur penyajian itu dapat digunakan
dengan mudah dalam suatu penyajian terpadu melalui Internet.
Unsur-unsur seperti tersebut di atas tentu saja tidak dijumpai
dalam penyajian melalui media cetak seperti buku.
D. Kesiapan Melaksanakan Kelas Virtual
Sebelum kita melaksanakan kelas virtual terlebih dahulu
kita perlu menjajagi kesiapan kita dalam melaksanakannya.
Menurut Martin (1997) sedikitnya ada empat isu berkaitan dengan
kesiapan yang harus dijadikan bahan pertimbangan. Kesiapan itu
meliputi kesiapan siswa, kesiapan sistem, kesiapan infrastruktur,
dan kesiapan stat guru dan dosen.
1. Kesiapan Siswa
Kesiapan siswa ini meliputi kesiapan mental. Kurangnya
informasi kepada siswa mungkin akan menyebabkan siswa
menolak, enggan, atau merasa tidak pasti mengenai sistem
pembelajaran yang baru itu. Siswa juga akan merasa enggan
kalau program baru sukar diakses. Kesiapan siswa akan
meningkat bila komputer tersedia di perpustakaan, di sekolah
atau universitas setempat, dan warung-warung Internet. Hal lain
yang menyebabkan siswa merasa kurang siap yaitu bila mereka
merasa tidak mampu menggunakan komputer. Hal ini dapat
dikurangi bila sekolah-sekolah telah memperkenalkan komputer
kepada siswa yang meliputi pengenalan personal computer, word
391