Page 407 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 407
Cakrmmln Pe11didika11 2
ada empat buah, maka dengan mudah dapat ditentukan bahwa
bahan belajar itu akan terdiri dari empat Bagian. Setiap bagian
digunakan untuk mencapai satu tujuan. Judul atau topik untuk
setiap Bagian dapat diambil dari sub-topik yang ada dalam GBIP.
b. Bahasa da/am bahan be/ajar on line
Bahasa yang dipakai dalam mengembangkan bahan
belajar on line sama dengan bahasa yang dipakai dalam menulis
modul mandiri. Pertama, penulis perlu menyapa pembaca dengan
sebutan 'Anda', 'Kamu' atau 'Saudara'. Kalau penulis ingin
menyebut diri penulis sendiri, gunakan kata 'Saya'. Penulis dapat
juga menggunakan kata 'Kita' untuk menyebut diri penulis sendiri
dan pembaca. Dengan cara ini siswa yang belajar merasa diajak
berbicara oleh guru atau dosen dan hal itu dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa. Menurut Holmberg (1983) "that feeling of
personal relation between the teaching and learning parties
promote study pleasure and motivation" (h.19).
Kedua, penulis disarankan untuk menggunakan bahasa
percakapan yang sederhana; sedapat mungkin mung-gunakan
kalimat tunggal. Jangan menggunakan kalimat majemuk yang
panjang dan beranak cucu. Jangan menggunakan istilah yang
sukar atau istilah berbahasa asing yang belum dikenal siswa.
Kalau terpaksa menggunakan kata-kata seperti itu berikan
penjelasan. Penjelasan diberikan dengan cara menggunakan
hyper/ink. Tebalkan atau ketik istilah atau kata itu dengan warna
biru. Kalau kata tersebut 'di-klik' akan muncul penjelasan dari arti
kata itu.
c. Penyajian pe/ajaran
lsi pelajaran disajikan Bagian per Bagian. Dalam setiap
Bagian terdapat elemen topik, tujuan yang ingin dicapai, uraian isi
389