Page 407 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 407

Cakrmmln  Pe11didika11  2



          ada  empat  buah,  maka  dengan  mudah  dapat  ditentukan  bahwa
          bahan  belajar  itu  akan  terdiri  dari  empat  Bagian.  Setiap  bagian
          digunakan  untuk  mencapai  satu  tujuan.  Judul  atau  topik  untuk
          setiap Bagian dapat diambil dari sub-topik yang ada dalam GBIP.


          b.  Bahasa da/am bahan be/ajar on  line
                 Bahasa  yang  dipakai  dalam  mengembangkan  bahan
          belajar  on  line sama dengan  bahasa  yang  dipakai dalam  menulis
          modul mandiri.  Pertama,  penulis perlu menyapa pembaca dengan
          sebutan  'Anda',  'Kamu'  atau  'Saudara'.  Kalau  penulis  ingin
          menyebut diri  penulis  sendiri,  gunakan  kata 'Saya'.  Penulis  dapat
          juga menggunakan  kata  'Kita'  untuk menyebut diri  penulis  sendiri
          dan  pembaca.  Dengan  cara  ini  siswa  yang  belajar merasa diajak
          berbicara  oleh  guru  atau  dosen  dan  hal  itu  dapat  meningkatkan
          motivasi  belajar  siswa.  Menurut  Holmberg  (1983)  "that  feeling  of
          personal  relation  between  the  teaching  and  learning  parties
          promote study pleasure and motivation" (h.19).
                 Kedua,  penulis  disarankan  untuk  menggunakan  bahasa
          percakapan  yang  sederhana;  sedapat  mungkin  mung-gunakan
          kalimat  tunggal.  Jangan  menggunakan  kalimat  majemuk  yang
          panjang  dan  beranak  cucu.  Jangan  menggunakan  istilah  yang
          sukar  atau  istilah  berbahasa  asing  yang  belum  dikenal  siswa.
          Kalau  terpaksa  menggunakan  kata-kata  seperti  itu  berikan
          penjelasan.  Penjelasan  diberikan  dengan  cara  menggunakan
          hyper/ink.  Tebalkan  atau  ketik  istilah  atau  kata  itu  dengan  warna
          biru.  Kalau  kata tersebut  'di-klik'  akan  muncul  penjelasan  dari arti
          kata itu.

          c.  Penyajian pe/ajaran

                 lsi  pelajaran  disajikan  Bagian  per  Bagian.  Dalam  setiap
          Bagian terdapat elemen topik, tujuan  yang  ingin dicapai, uraian isi



                                                                  389
   402   403   404   405   406   407   408   409   410   411   412