Page 402 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 402

lianotw,  Kelas  Virtual:  Pengertian,  Putens1  .


         B.  Menggali Potensi yang Dimiliki oleh  Kelas
            Virtual

                Kelas virtual dipandang orang sebagai sistem pembelajar-
         an  terbuka dan jarak jauh  yang  'menjanjikan' karena potensi  yang
         dimilikinya.  Kalau  kita  menggunakan  kelas  virtual  tetapi  tanpa
         mengingat,  menggali,  dan  mengembangkan potensi  yang  dimiliki-
         nya  tentu  pembelajaran  yang  kita  tawarkan  tidak  akan  berhasil.
         Hal  tersebut  sama  dengan    yang  terjadi  dalam   sistem
         pembelajaran  sacara  tatap  muka  atau  face-to-face.  Kelas  tatap
         muka  ini  sesungguhnya  mempunyai  potensi  yang  sangat  besar
         untuk  terjadinya  proses  pembelajaran  yang  berhasil.  Disini  guru
         atau  dosen  berhadapan  langsung  dengan  siswa,  komunikasi dua
         arah  dapat  diciptakan  dengan  mudah.  Komunikasi  antara  guru
         atau dosen dengan siswa,  komunikasi antara siswa dengan siswa
         tentu  dapat  dilakukan  dengan  mudah  kerena  mereka  bertemu
         setiap hari.
                Namun  demikian  komunikasi  pembelajaran  seringkali
         tidak atau  kurang  teqadi  dalam  proses  pembelaJaran  tatap  muka
         (face-to-face  process  of  instruction).  Banyak  guru  atau  dosen
         yang  dalam  mengajar  hanya  melakukan  komunikasi  searah
         dengan  menggunakan  metode  ceramah.  Komunikasi  orang
         perorang  dengan  siswa  jarang  dilakukan.  Tanya  jawab  yang
         sekali-sekali dilangsungkan kebanyakan hanya terjadi antara guru
         atau  dosen  dengan  siswa  yang  pandai  saja.  Siswa  yang  kurang
         pandai  yang  pada hakekatnya leb1h  memerlukan bantuan,  kurang
         mendapatkan  perhatian.  Alasan  klasik  yang  selalu  dipakai,
         terutama  di  SO,  SL TP,  dan  SMU  adalah  alasan  waktu.  Karena
         dikejar  target  kurikulum,  guru  tidak  mempunyai  banyak  waktu
         untuk berkomunikasi, berdialog, dan membantu siswa yang lemah
         dalam waktu yang tersedia untuk mengajar di kelas.






         384
   397   398   399   400   401   402   403   404   405   406   407