Page 398 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 398
Kl'ias Vimwl.· l'engemm1, !'oleml .
mengajukan pertanyaan atau persoalan yang dihadapi pada saat
belajar yang tidak dapat diJawabnya sendin. lnformasi tersebut
dapat dibaca oleh guru dan semua anggota kelas. Guru atau
siswa lain dapat memberikan respon pada saat itu juga. Respon
tersebut dapat dtbaca juga oleh semua anggota kelas. Dengan
demikian mereka juga dapat merespon kembali atau memberikan
pendapanya berkaitan dengan persoalan yang sedang dibahas.
Forum ini dapat d1jadikan ajang dtskusi, adu pendapat, dan
sekaligus memecahkan persoalan-persoalan yang sulit dtpecah-
kan sendiri oleh siswa.
Komunikasi secara synchronous dan asynchronous ini,
keduanya, dapat mengubah pola pembelajaran dalam sistem
pendidikan terbuka jarak jauh (PT JJ). Guru atau dosen dapat
menyusun rencana pembelajaran yang agak luwes. lsi pelajaran
dapat disesuaikan dengan tuntutan atau kebutuhan belajar yang
seringkali berubah sesuai dengan perubahan lingkungan dan
kemajuan teknologi yang berkembang dengan cepat. Guru atau
dosen dapat menyesuaikan isi dan kegiatan pembelajaran
berdasarkan pertanyaan atau usulan dari siswa.
Karena bahan belaJar disajikan melalui Internet, siswa
tidak perlu susah-susah pergi memfotokopi bahan belajar. Bahan
belajar itu dapat diperoleh melalui Internet. Kalau perlu bahan
belajar itu dapat dicetak (di-print). Pembelajaran berbasis Web
(kelas virtual) ini banyak menuntut siswa untuk membuat
keputusan. Waktu membaca leks atau mempelajari konsep
seringkali siswa dihadapkan dengan istilah-istilah atau kata-kata
yang tidak dimengertinya. Dia harus membuat keputusan apakah
akan terus membacanya, atau akan mencari informasi mengenai
arti kala yang tidak dipahaminya itu. Bahan belajar on line yang
baik biasanya telah mengantisipasi kesulitan-kesulaitan yang
mungkin dihadap1 siswa dengan menctptakan glossary. Dengan
'mengkllk', siswa akan dapat melihat penjelasan yang tersedia
380