Page 398 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 398

Kl'ias  Vimwl.·  l'engemm1,  !'oleml  .



        mengajukan  pertanyaan  atau  persoalan  yang  dihadapi pada saat
        belajar  yang  tidak  dapat  diJawabnya  sendin.  lnformasi  tersebut
        dapat  dibaca  oleh  guru  dan  semua  anggota  kelas.  Guru  atau
        siswa  lain  dapat  memberikan  respon  pada  saat  itu  juga.  Respon
        tersebut  dapat  dtbaca  juga  oleh  semua  anggota  kelas.  Dengan
        demikian mereka juga dapat merespon kembali  atau  memberikan
        pendapanya  berkaitan  dengan  persoalan  yang  sedang  dibahas.
        Forum  ini  dapat  d1jadikan  ajang  dtskusi,  adu  pendapat,  dan
        sekaligus  memecahkan  persoalan-persoalan  yang  sulit  dtpecah-
        kan  sendiri oleh siswa.
               Komunikasi  secara  synchronous  dan  asynchronous  ini,
        keduanya,  dapat  mengubah  pola  pembelajaran  dalam  sistem
        pendidikan  terbuka  jarak  jauh  (PT JJ).  Guru  atau  dosen  dapat
        menyusun  rencana  pembelajaran  yang  agak  luwes.  lsi  pelajaran
        dapat  disesuaikan  dengan  tuntutan  atau  kebutuhan  belajar  yang
        seringkali  berubah  sesuai  dengan  perubahan  lingkungan  dan
        kemajuan  teknologi  yang  berkembang  dengan  cepat.  Guru  atau
        dosen  dapat  menyesuaikan  isi  dan  kegiatan  pembelajaran
        berdasarkan pertanyaan atau usulan dari siswa.
               Karena  bahan  belaJar  disajikan  melalui  Internet,  siswa
        tidak  perlu  susah-susah pergi memfotokopi bahan  belajar.  Bahan
        belajar  itu  dapat  diperoleh  melalui  Internet.  Kalau  perlu  bahan
        belajar  itu  dapat  dicetak  (di-print).  Pembelajaran  berbasis  Web
        (kelas  virtual)  ini  banyak  menuntut  siswa  untuk  membuat
        keputusan.  Waktu  membaca  leks  atau  mempelajari  konsep
        seringkali  siswa  dihadapkan  dengan  istilah-istilah  atau  kata-kata
        yang  tidak dimengertinya.  Dia  harus membuat keputusan  apakah
        akan  terus  membacanya,  atau  akan  mencari  informasi mengenai
        arti  kala  yang  tidak  dipahaminya  itu.  Bahan  belajar  on  line  yang
        baik  biasanya  telah  mengantisipasi  kesulitan-kesulaitan  yang
        mungkin  dihadap1  siswa  dengan  menctptakan  glossary.  Dengan
        'mengkllk',  siswa  akan  dapat  melihat  penjelasan  yang  tersedia



        380
   393   394   395   396   397   398   399   400   401   402   403