Page 397 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 397

Cakrmva/a  Pendidikan  2


          between  instructor  and  student  is  the  Internet's  greatest
          contribution  to  enhancing  education.  Feedback  mechanism  do
          exist in  Web learning."
                  Komunikasi  dan  interaksi  itu  dapat  dilakukan  melalui
          beberapa  cara.  Yang  pertama,  komunikasi  asynchronous  yang
          dilakukan  melalui  e-mail.  Komunikasi  dilakukan  pada  waktu  yang
          tidak  bersamaan  waktu.  Komunikator,  siswa  misalnya,  dapat
          mengirimkan  pesan  kapan  saja  dia  menginginkannya.  Pesan
          akan  disalurkan  dan  akan  sampai  ke  alamat  sungguhpun  pada
          saat  itu  si  penerima,  dosen  misalnya,  tidak  sedang  membuka
          lnternetnya.  Penerima  akan  membaca  pesan  itu  pada  saat  dia
          membuka e-mai/nya.  Biasanya penerima pesan akan memberikan
          respon  segera  setelah  dia  membaca  pesannya  itu.  Bagi  orang
          yang  sibuk,  komunikasi  seperti  ini  sangat  efesien.  Sebab
          komunikator  tidak harus mencoba berulang  kali  sampai dia dapat
          berhubungan  dengan  penerima  pesan.  Komunikasi  cara  ini  juga
          dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru atau siswa dengan siswa
          untuk  berbagi  (sharing)  informasi  atau  berbagi  ilmu  dengan
          berpartisipasi dalam  diskusi melalui papan  buletin.  Melalui papan
          buletin  ini  anggota kelas  atau  siswa yang  mengambil mata kuliah
          yang sama dapat menuliskan informasi, pendapat, atau persoalan
          yang  dihadapi  dalam  buletin.  Semua  anggota  kelas  dapat
          membaca  informasi,  pendapat,  atau  persoalan  tersebut,  dan
          memberikan  respon.  Papan  buletin  ini  dapat  dimanfaatkan
          sebagai  ajang  (forum)  diskusi  atau  tukar  pendapat  yang  menarik
          dan  efisien.  Yang  kedua,  komunikasi  synchronous atau  real time
          communication.  Komunikator dan  komunikan  (sumber pesan  dan
          penerima)  berkomunikasi  pada  waktu  yang  sama  laiknya  orang
          berbicara. Komunikasi seperti ini dilakukan melalui perjanjian atau
          kesepakatan,  bahwa pada  hari dan jam  yang  sama mereka  akan
          membuka  lnternetnya  dan  berpartisipasi  dalam  forum  obrolan
          (chatting)  atau  diskusi  (discussion).  Dalam  forum  ini  siswa  dapat



                                                                   379
   392   393   394   395   396   397   398   399   400   401   402