Page 397 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 397
Cakrmva/a Pendidikan 2
between instructor and student is the Internet's greatest
contribution to enhancing education. Feedback mechanism do
exist in Web learning."
Komunikasi dan interaksi itu dapat dilakukan melalui
beberapa cara. Yang pertama, komunikasi asynchronous yang
dilakukan melalui e-mail. Komunikasi dilakukan pada waktu yang
tidak bersamaan waktu. Komunikator, siswa misalnya, dapat
mengirimkan pesan kapan saja dia menginginkannya. Pesan
akan disalurkan dan akan sampai ke alamat sungguhpun pada
saat itu si penerima, dosen misalnya, tidak sedang membuka
lnternetnya. Penerima akan membaca pesan itu pada saat dia
membuka e-mai/nya. Biasanya penerima pesan akan memberikan
respon segera setelah dia membaca pesannya itu. Bagi orang
yang sibuk, komunikasi seperti ini sangat efesien. Sebab
komunikator tidak harus mencoba berulang kali sampai dia dapat
berhubungan dengan penerima pesan. Komunikasi cara ini juga
dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru atau siswa dengan siswa
untuk berbagi (sharing) informasi atau berbagi ilmu dengan
berpartisipasi dalam diskusi melalui papan buletin. Melalui papan
buletin ini anggota kelas atau siswa yang mengambil mata kuliah
yang sama dapat menuliskan informasi, pendapat, atau persoalan
yang dihadapi dalam buletin. Semua anggota kelas dapat
membaca informasi, pendapat, atau persoalan tersebut, dan
memberikan respon. Papan buletin ini dapat dimanfaatkan
sebagai ajang (forum) diskusi atau tukar pendapat yang menarik
dan efisien. Yang kedua, komunikasi synchronous atau real time
communication. Komunikator dan komunikan (sumber pesan dan
penerima) berkomunikasi pada waktu yang sama laiknya orang
berbicara. Komunikasi seperti ini dilakukan melalui perjanjian atau
kesepakatan, bahwa pada hari dan jam yang sama mereka akan
membuka lnternetnya dan berpartisipasi dalam forum obrolan
(chatting) atau diskusi (discussion). Dalam forum ini siswa dapat
379