Page 401 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 401

Cakrmmla Pendidiktm  2



                Kekhawatiran  adanya  kecurangan  tentu  saja  dapat
         rJipahami.  Dari  pengalaman  lembaga-lembaga  yang  telah
         menyelenggarakan  pembelajaran  on  line,  kita  dapat  mengetahui
         bahwa  untuk  mengatasi  masalah  tersebut  mereka  menyeleng-
         garakan tes atau ujian dengan dua cara.  Pertama adalah tes yang
         sifatnya  formatif  dan  nilainya  tidak  diperhitwngkan  dalam
         menentukan  nilai  rapor  atu  Ujian,  dikerjakan  siswa  tanpa
         pengawasan.  Siswa  mengerjakan  soal  dan  kemudian  menyerah-
         kan  (submit atau  send)  kepada  guru  atau  dosen  tanpa  diawasi.
         Pekerjaan  ujian  diperiksa  oleh  guru  atau  dosen.  Masing-masing
         siswa akan mendapat umpan balik (berupa nilai,  penjelasan,  atau
         komentar)  secara  individual.  Dari  umpan  balik  ini  siswa
         mengetahui  apakah  dia  sudah  menguasai  atau  memahami  isi
         pelajaran  yang  dipelajarinya.  Evaluasi  seperti  ini  merupakan
         bagian dari proses pembelajaran.
                Kedua  adalah  ujian  yang  bersifat  sumatif,  yang  nilainya
         akan  berpengaruh  dalam  menentukan  nilai  akhir  atau  kelulusan,
         pelaksanaannya  harus  dengan  pengawasan  yang  ketal  seperti
         ujian  biasa.  Pada  waktu  yang  sama  para  peserta  ujian  harus
         datang ke  pusat komputer,  computer cluster,  atau kelas komputer
         yang  telah  ditentukan  oleh  lembaga  penyelenggara  untuk
         mengerjakan  soal  ujian  di  tempat  itu.  Guru,  dosen,  atau  orang
         yang  ditunjuk  bertugas  mengawasi  jalannya  ujian.  Siswa  yang
         telah selesai mengerjakan soal  ujian mengirimkan jawabannya ke
         dosen  atau  ke  lembaga  penyelenggara  pendidikan  yang  ber-
         sangkutan.  Tugas  pengawas  ujian  hanya  memastikan  bahwa
         yang  mengerjakan  ujian  adalah  siswa  yang  sebenarnya,  bukan
         joki.  Pekerjaan  siswa  diperiksa  oleh  guru  atau  dosen  yang
         bersangkutan,  dan  nilainya  diberitahukan  kepada  siswa  secara
         individual.







                                                                 383
   396   397   398   399   400   401   402   403   404   405   406