Page 399 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 399

C'akrawala  Pendidtkan  2


          dalam  glosary.  Jadi  selama  belajar  siswa  harus aktif  berinteraksi
          dengan bahan  belajar itu untuk mencari informasi yang diperlukan
          untuk  memahami  konsep,  prinsip,  atau  prosedur  yang  sedang
          dipelajarinya.
                 Menurut  Arsham  (2002)  belajar  secara  on  line  bukan
          sekedar  belajar  melalui  bahan  yang  dikirimkan  melalui  Internet.
          Belajar  melalui  kelas  virtual  ini  akan  berhasil  kalau  siswa  dapat
          membentuk  kelompok  belajar  atau  masyarakat  belajar  di  antara
          siswa  yang  mengambil  pelajaran  atau  mata  kuliah  yang  sama.
          Masyarakat  belajar  itu  dapat  dibentuk  oleh  sekelompok  siswa
          yang  saling  mengirim  e-mail  untuk  menanyakan  pelajaran,
          mencocokkan jawaban  soal  latihan (exercises),  mendiskusikan isi
          pelajaran  yang  sulit  dipelajari,  berdebat  mengenai  konsep  atau
          prinsip  yang  sedang  dipelajari,  dan  sebagainya.  Masyarakat
          belajar ini juga dapat dibentuk oleh  anggota kelas  yang  berdiskusi
          melalui papan buletin atau adu pendapat melalui chatting.  Dengan
          perkataan  lain  siswa  yang  belajar  dalam  kelas  virtual  itu  pertu
          belajar  secara  bersama.  Belajar  bersama  melalui  janngan  (web)
          ini  mempunyai  potensi  untuk  mendorong,  mempermudah,  dan
          meningkatkan keberhasilan belajar.
                 Potensi lain  yang  dimiliki oleh kelas virtual  adalah  adanya
          alat  yang  dapat  digunakan  untuk  memonitor  aktivitas  belajar
          siswa dari jauh secara on line.  Guru atau dosen dapat memonitor
          apakah  siswa  mempetajari  bahan  belajar  yang  diajarkan  atau
          tidak  dengan  menggunakan  alat  yang  disebut  student's  tracking
          tool.  Dengan menggunakan alat ini guru atau dosen dapat melihat
          apakah  siswa mempelajari, misalnya Bab 2,  dari buku wajib  yang
          digunakan.  Berapa  lama  Bab  itu  dibaca,  berapa  kali  siswa
          mengulangi  mempelajari  Bab  itu?  Apakah  siswa  mencoba
          mengerjakan  soal  latihan  mengenai  Bab  itu?  Berapa  soal  yang
          dapat  dijawabnya  dengan  betul?  Jawaban  dari  pertanyaan-
          pertanyaan  itu  dapat  dilihat  di  papan  monitor.  Guru  dan  dosen



                                                                  381
   394   395   396   397   398   399   400   401   402   403   404