Page 403 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 403

Cakrawala  Pendidikan  2


                Kalau guru mengajar di kelas virtual, hanya cukup dengan
         menyampaikan  isi  pelajaran  (learning  contents)  secara  on  line,
         tanpa  menciptakan  dan  merangsang  terjadinya  interaksi  antara
         guru/dosen  dengan  siswa,  serta  antara  siswa  dengan  siswa,
         mungkin  dapat  diibaratkan  seperti  guru/mengajar  di  kelas  tatap
         muka  dengan  metode  ceramah.  Arsham  (2002)  memberikan
         beberapa  saran  yang  berkaitan  dengan  penggalian  potensi  kelas
         virtual itu berdasarkan pengalamannya:
         1.  Siswa  harus  dibimbing  bagaimana  belajar  cara  belajar
             (learning  to  learn).  Agar  pembelajaran  on  line  efektif  dan
             efisien,  guru  atau  dosen  perlu  memberikan  tugas  mingguan
             secara   reguler.   Siswa   didorong   untuk   belajar   dari
             keberhasilan  dan  atau   kesalahan  yang  dibuatnya  dalam
             mengerjakan  tugas.  Konsekuensinya  dari  hal  ini  adalah  guru
             atau  dosen  harus  dengan  cepat  memberikan  umpan  balik
             mengenai pekerjaan siswa.
         2.  Proses   pembelajaran   harus  dapat  memuaskan  atau
             memenuhi  kebutuhan  belajar  siswa.  Guru  atau  dosen
             seyogyanya:
             a.  Mengetahui  tingkat  penguasaan  pengetahuan  dan
                 keterampilan  prasyarat  siswa.  Untuk  mengetahui  hal
                 tersebut guru  atau dosen memberikan tes  atau  kuesioner
                 berkaitan  dengan  pengetahuan  prasyarat  itu.  Hasilnya
                 dianalisis  dan  digunakan  untuk  meng-update  bahan
                 belajar atau bahan kuliah yang akan diajarkan.
             b.  Mengetahui  tingkat  pengetahuan  awal  siswa.  Guru  atau
                 dosen  perlu  menjajagi  sampai  seberapa jauh  siswa telah
                 menguasai  isi  pelajaran  yang  akan  diajarkan.  Hal  ini
                 dapat dilakukan dengan meminta siswa menulis karangan
                 yang  berkaitan dengan makna topik pelajaran atau  kuliah
                 yang  akan  dipelajari.  Tugas  ini  dapat  memberikan
                 gambaran  mengenai  pengetahuan  siswa  terhadap  topik



                                                                  385
   398   399   400   401   402   403   404   405   406   407   408