Page 408 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 408

1/aryono,  Ke/as  Virtual:  Pengertian,  Potensi ....



        pelajaran,  Contoh  dan  non-contoh,  tugas  atau  latihan  soal,  dan
        umpan balik.
               Mengajar  melalui  Internet,  prinsipnya  sama  dengan
        mengajar secara tatap muka (Porter, (1997). Setelah menjelaskan
        topik  dan  tujuan  yang  ingin  dtcapai,  guru  atau  dosen
        mendiskusikan pelajaran baru.  Dalam menjelaskan pelajaran baru
        pada dasarnya ada empat langkah utama seperti yang disarankan
        oleh  Merril  ( 1997):  (a)  memberikan  penjelasan  a tau  mendiskusi-
        kan,  (b)  memberikan  contoh  dan  non  contoh,  (c)  memberikan
        latihan  atau  tugas,  dan  (d)  memberikan  umpan  balik  kepada
        siswa.
                Penjelasan  mengenai  konsep,  prinsip,  atau  prosedur,
        sedapat  mungkin  dilakukan  maksimal  dalam  satu  halaman  atau
        satu  setengah  halaman  saja.  Hindarkan  pembaca  dari  tindakan
        menggeser layar monitor ke atas atau ke bawah sampai beberapa
        halaman.  Hal  tersebut  akan  dirasakan  menjemukan.  Kalau  untuk
        menjelaskan  sesuatu   terpaksa  menggunakan  lebth  dari  satu
        halaman, seyogyanya dilakukan dengan meng-klik kata next yang
        disediakan di bagian bawah halaman.
                Kalau  dalam  menjelaskan  sebuah  prosedur,  misalnya,
        harus  digunakan  istilah  atau  konsep  yang  belum  dikenal  oleh
        mahasiswa,  tebalkan  istilah  atau  konsep  itu.  Buatlah  hyper/ink
        dengan  glossary.  Dengan  meng-klik  istilah  atau  konsep  yang
        sukar  itu,  siswa  akan  dapat  melihat  arti  kata  atau  konsep  yang
        belum diketahui.  Dengan cara  ini belajar terasa lebih  dinamis dan
        tidak  membosankan.  Karena  dalam  setiap  langkah  mengajarnya
        guru  atau  dosen  selalu  memberikan  latihan  dan  tugas,  mereka
        dapat  menciptakan  proses  belajar  interaktif.  Tugas  harus
        diberikan  begitu  rupa  sehingga  dapat  mendorong  siswa  untuk
        berinteraksi dengan ternan maupun guru atau dosen. Kalau tugas
        itu  berupa  tugas  kelompok,  tugas  itu  akan  dapat  menciptakan
        masyarakat belajat di antara para siswa.


        390
   403   404   405   406   407   408   409   410   411   412   413