Page 408 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 408
1/aryono, Ke/as Virtual: Pengertian, Potensi ....
pelajaran, Contoh dan non-contoh, tugas atau latihan soal, dan
umpan balik.
Mengajar melalui Internet, prinsipnya sama dengan
mengajar secara tatap muka (Porter, (1997). Setelah menjelaskan
topik dan tujuan yang ingin dtcapai, guru atau dosen
mendiskusikan pelajaran baru. Dalam menjelaskan pelajaran baru
pada dasarnya ada empat langkah utama seperti yang disarankan
oleh Merril ( 1997): (a) memberikan penjelasan a tau mendiskusi-
kan, (b) memberikan contoh dan non contoh, (c) memberikan
latihan atau tugas, dan (d) memberikan umpan balik kepada
siswa.
Penjelasan mengenai konsep, prinsip, atau prosedur,
sedapat mungkin dilakukan maksimal dalam satu halaman atau
satu setengah halaman saja. Hindarkan pembaca dari tindakan
menggeser layar monitor ke atas atau ke bawah sampai beberapa
halaman. Hal tersebut akan dirasakan menjemukan. Kalau untuk
menjelaskan sesuatu terpaksa menggunakan lebth dari satu
halaman, seyogyanya dilakukan dengan meng-klik kata next yang
disediakan di bagian bawah halaman.
Kalau dalam menjelaskan sebuah prosedur, misalnya,
harus digunakan istilah atau konsep yang belum dikenal oleh
mahasiswa, tebalkan istilah atau konsep itu. Buatlah hyper/ink
dengan glossary. Dengan meng-klik istilah atau konsep yang
sukar itu, siswa akan dapat melihat arti kata atau konsep yang
belum diketahui. Dengan cara ini belajar terasa lebih dinamis dan
tidak membosankan. Karena dalam setiap langkah mengajarnya
guru atau dosen selalu memberikan latihan dan tugas, mereka
dapat menciptakan proses belajar interaktif. Tugas harus
diberikan begitu rupa sehingga dapat mendorong siswa untuk
berinteraksi dengan ternan maupun guru atau dosen. Kalau tugas
itu berupa tugas kelompok, tugas itu akan dapat menciptakan
masyarakat belajat di antara para siswa.
390