Page 412 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 412
1/ari'OIIO, Ke!a.1 Vtmml: !'l!ngertlil/1, l'ou:n'l .
d. Administrator Kelas Virtual. Mereka adalah ahli di bidang
infrastruktur yang d1perlukan untuk menyelenggarakan kelas
virtual, yang meliputi (1) fasilitas produksi bahan belajar
sepert1 komputer, graphic set, scanner, kemera digital,
perekam suara dan gambar, dan peralatan studio; (2) server
yang meliputi jaringan, encoders, dan broadcasters; dan (3)
channel yang mel1puti satelit dan optics.
e. Evaluator dalam Kelas Virtual. Mereka adalah orang yang ahli
dalam (1) menyusun soal ujian, baik yang berbasis komputer
maupun yang berbasis kelas b1asa; (2) menyusun berbagai
bentuk soal atau alat evaluasi: tes uraian, tes obyektif, dan
soallatihan atau tugas.
f. Ahli dalam bidang pengadaan lingkungan kelas virtual yang
meliputi (1) lingkungan nyata seperti study corners,
perpustakaan, dan kelas; dan (2) lingkungan virtual yang
meliputi program komputer (on-screen) dan pelajaran
berbasis web (web based lesson).
E. Kelemahan Kelas Virtual
Kelas virtual diciptakan dengan bantuan media Internet
Media ini baik kalau digunakan untuk tujuan yang tepa! dalam
situasi yang tepat juga. Ada beberapa kelemahan yang perlu
dikemukakan dalam tulisan ini.
• Penggunaan Internet memerlukan infrastuktur yang memadai
Internet dapat dioperasikan kalau ada jaringan listrik dan ada
jaringan telepon. Tempat-tempat yang belum mempunyai
jaringan listrik dan telepon tidak dapat menggunakan Internet.
• Penggunaan Internet mahal. Untuk dapat menggunakan
Internet orang harus mempunyai komputer yang dilengkapi
dengan modem, tenaga listrik, fasilitas telepon, dan terhubung
dengan Internet provider yang dapat diperoleh melalui
394