Page 416 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 416

Penerapan £-Learning dalam

                          Pendidikan ]arak ]auh


                                            di  Indonesia




       ---------------1~ ~~




                ~sep sistem  pendidikan  jarak  jauh  (PJJ)  pada
        awalnya  didominast  oleh  pengertian  bentuk  pendidikan  kores-
        ponden  yang  didasarkan  pada  penggunaan  bahan  aJar  standar
        yang  diproduksi  secara  masal  untuk  mencapai  keuntungan
        ekonomis  (economies  of  scale).  Konsep  ini  mencermtnkan
        paradigma yang menekankan pada isu aksesibi!itas sebagai fokus
        penyelenggaraan  pendidikan.   Keinginan  untuk  meningkatkan
        akses terhadap pendidtkan te!ah menJadi pemicu utama di  banyak
        negara untuk menyetenggarakan  PJJ  (Garrison,  1993).  Berdasar-
        kan  paradigma  akses  ini,  PJJ  dianggap  sebagai  suatu  bentuk
        industrialisasi  pada  bidang  pendidikan  yang  merupakan  produk
        masyarakat era industri (Peters, 1967 datam Keegan,  1993).
               Kebutuhan  akan  pendidikan  bagi  masyarakat  era  pasca
        industri,  baik dari  segi jenis  maupun  metode,  telah  berubah.  Hal
        ini  karen a, kompetensi yang dttuntut oteh dunia kerja juga berubah
        dengan sangat pesat (Franzpotter  datam  Peters,  1999). Perubah-
        an  fenomena  ini  menggeser paradigma akses  ke  arah  yang  mulai
        menekankan pentingnya interaksi dalam proses belajar jarak jauh
        untuk mempertahankan kualitas (Garnson,  1993).  Kualttas  pendi-
        dikan  diukur  dan  ada  tidaknya  serta  tinggi  rendahnya  frekuensi




        398
   411   412   413   414   415   416   417   418   419   420   421