Page 416 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 416
Penerapan £-Learning dalam
Pendidikan ]arak ]auh
di Indonesia
---------------1~ ~~
~sep sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) pada
awalnya didominast oleh pengertian bentuk pendidikan kores-
ponden yang didasarkan pada penggunaan bahan aJar standar
yang diproduksi secara masal untuk mencapai keuntungan
ekonomis (economies of scale). Konsep ini mencermtnkan
paradigma yang menekankan pada isu aksesibi!itas sebagai fokus
penyelenggaraan pendidikan. Keinginan untuk meningkatkan
akses terhadap pendidtkan te!ah menJadi pemicu utama di banyak
negara untuk menyetenggarakan PJJ (Garrison, 1993). Berdasar-
kan paradigma akses ini, PJJ dianggap sebagai suatu bentuk
industrialisasi pada bidang pendidikan yang merupakan produk
masyarakat era industri (Peters, 1967 datam Keegan, 1993).
Kebutuhan akan pendidikan bagi masyarakat era pasca
industri, baik dari segi jenis maupun metode, telah berubah. Hal
ini karen a, kompetensi yang dttuntut oteh dunia kerja juga berubah
dengan sangat pesat (Franzpotter datam Peters, 1999). Perubah-
an fenomena ini menggeser paradigma akses ke arah yang mulai
menekankan pentingnya interaksi dalam proses belajar jarak jauh
untuk mempertahankan kualitas (Garnson, 1993). Kualttas pendi-
dikan diukur dan ada tidaknya serta tinggi rendahnya frekuensi
398