Page 418 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 418
pandang mengenai sistem PJJ, dari sekedar suatu alternatif
metode belajar mengajar menjadi suatu sistem yang dapat
meningkatkan keterbukaan pendidikan. Dengan kata lain, PJJ
dipandang sebagai suatu sistem yang dapat meminimalkan
restriksi waktu, tempat, dan kendala ekonomi maupun demografi
(seperti usia) seseorang untuk memperoleh pendidikan.
A. Teknologi, Media, dan Pendidikan Jarak Jauh
Dalam sejarah penggunaan teknologi untuk kepentingan
pend1dikan, sistem PJJ selalu merupakan yang terdepan.
Generasi pemanfaatan teknologi untuk PJJ saat ini telah mema-
suki generasi ketiga, yaitu generasi teknologi jaringan dan
multimedia (Moore & Kearsley, 1996).
Generasi pertama PJJ adalah pendidikan korespondensi
yang merupakan sistem pendidikan belajar mandiri oleh
mahasiswa dengan memanlaatkan teknologi cetak untuk
menghasilkan bahan ajar utama, khususnya panduan belaJar dan
tugas-tugas yang dikirimkan oleh instruktur melalui pos. Oleh
karena itu, program-program pendidikan pada generasi pertama
ini biasa disebut sebagai correspondence study. Generasi kedua,
yang dimulai dengan dibukanya Universitas Terbuka (Open
University) di lnggris pada tahun 1969, dicirikan dengan
digunakannya teknologi siaran dan rekaman (terutama dengan
media penyebaran melalui televisi, radio, dan kaset {audio/video),
komputer seperti computer-mediated learning dan computer-
assisted learning (Taylor, 1999), serta telekonferensi (audio/video
teleconferencing). Sedangkan generasi ketiga yang dimulai sejak
awal tahun 1990-an, yang dengan penggunaan jaringan Internet
dan Intranet yang sangat ekstensif, terutama untuk kepentingan
interaksi melalui apa yang disebut computer-mediated
communication {Taylor, 1999). Generasi ketiga ini menurut Taylor
400