Page 418 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 418

pandang  mengenai  sistem  PJJ,  dari  sekedar  suatu  alternatif
        metode  belajar  mengajar  menjadi  suatu  sistem  yang  dapat
        meningkatkan  keterbukaan  pendidikan.  Dengan  kata  lain,  PJJ
        dipandang  sebagai  suatu  sistem  yang  dapat  meminimalkan
        restriksi  waktu,  tempat,  dan  kendala ekonomi  maupun  demografi
        (seperti usia) seseorang untuk memperoleh pendidikan.

        A.  Teknologi, Media, dan Pendidikan Jarak Jauh

               Dalam  sejarah  penggunaan  teknologi  untuk  kepentingan
        pend1dikan,  sistem  PJJ  selalu  merupakan  yang  terdepan.
        Generasi  pemanfaatan  teknologi  untuk  PJJ  saat  ini  telah  mema-
        suki  generasi  ketiga,  yaitu  generasi  teknologi  jaringan  dan
        multimedia (Moore & Kearsley,  1996).
               Generasi pertama PJJ adalah  pendidikan  korespondensi
        yang  merupakan  sistem  pendidikan  belajar  mandiri  oleh
        mahasiswa  dengan  memanlaatkan  teknologi  cetak  untuk
        menghasilkan bahan  ajar utama, khususnya  panduan  belaJar dan
        tugas-tugas  yang  dikirimkan  oleh  instruktur  melalui  pos.  Oleh
        karena  itu,  program-program  pendidikan  pada  generasi  pertama
        ini  biasa disebut sebagai  correspondence study.  Generasi kedua,
        yang  dimulai  dengan  dibukanya  Universitas  Terbuka  (Open
        University)  di  lnggris  pada  tahun  1969,  dicirikan  dengan
        digunakannya  teknologi  siaran  dan  rekaman  (terutama  dengan
        media penyebaran melalui  televisi,  radio,  dan  kaset  {audio/video),
        komputer  seperti  computer-mediated  learning  dan  computer-
        assisted learning (Taylor,  1999), serta telekonferensi  (audio/video
        teleconferencing).  Sedangkan  generasi  ketiga  yang  dimulai sejak
        awal  tahun  1990-an,  yang  dengan  penggunaan  jaringan  Internet
        dan  Intranet  yang  sangat  ekstensif,  terutama  untuk  kepentingan
        interaksi   melalui   apa   yang   disebut   computer-mediated
        communication {Taylor,  1999). Generasi ketiga ini menurut Taylor



        400
   413   414   415   416   417   418   419   420   421   422   423