Page 419 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 419
Cakrmvala Pendidikan 1
telah berkembang dengan sangat pesat dan telah melahirkan
generasi berikut yang menekankan pada unsur tleksibilitas sistem
pembelajaran atau disebut flexible learning. Flexible learning
inilah yang kemudian terus berkembang dan mengintegrasikan
semua kemampuan teknologi sebelumnya termasuk automated
response system yang oleh Taylor dianggap sebagai generasi
kelima PJJ.
lstilah teknologi itu sendiri sering digunakan secara
bergantian dengan istilah media pendidikan untuk makna yang
sama. Namun ada baiknya bila kita membedakan teknologi
dengan media. Media merupakan bentuk generik komunikasi
yang berkaitan dengan cara penyajian ilmu pengetahuan atau
materi pendidikan (Bates, 1995). Setiap jenis media memiliki
keunikan dalam kemampuannya menyampaikan dan mengorgani-
sasikan materi pendidikan. Setiap media (atau medium dalam
kata tunggalnya) dapat disampaikan melalui satu atau lebih jenis
teknologi, baik teknologi satu arah atau teknologi dua arah.
Dengan kata lain, media merupakan suatu teknologi yang sudah
bermuatan (mengandung substansi) untuk keperluan aplikasi
tertentu.
Seperti terlihat dari generasi PJJ, ada lima jenis media
yang paling populer digunakan dalam pendidikan, yaitu: tatap
muka langsung, teks (termasuk gambar statis), audio (atau
suara), televisi, dan komputer atau tepatnya computing (Bates,
1995). W alaupun beberapa jenis teknologi selalu terkait erat
dengan salah satu dari kelima jenis media ini, namun pada
dasarnya semua jenis teknologi dapat digunakan untuk
menyampaikan berbagai jenis media tersebut. Sebagai contoh,
media audio dapat disampaikan dengan menggunakan teknologi
siaran radio, telepon, ataupun teknologi pita kaset. Contoh
aplikasi beberapa jenis teknologi untuk SPJJ dalam menyampai-
kan berbagai media dapat dilihat dalam Tabel1.
401