Page 424 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 424

Belamtli,  Penerapmt L-Lt:aming Dalimt  l't:ndidtkan  ....


                                                               1
                Dilihat  dari  sudut  pedagogi  ataupun  andragogi ,  e-
         learning memiliki banyak keunggulan.  Teknologi WWW  memung-
         kinkan   perancangan   pembelajaran   menurut  teori   desain
         intstruksional terbaik  secara multimedia  yang  dapat memfasilitasi
         individualisasi  proses  pembelajaran  (Belawati,  2000).  Dengan
         kata  lain,  e-learning memudahkan  pendidik  untuk  mengembang-
         kan  rancangan  pembelajaran  yang  berorientasi  pada  siswa
         (learner  oriented  atau  learner  centered).  lndividualisasi  ini
         dimungkinkan karena Internet dan perangkat  lunak pendukung  e-
         leaming  memungkinkan  siswa  untuk  melakukan  pembelajaran
         dengan  waktu,  kecepatan,  urutan,  dan  sumber  belajar  sesuai
         preferensi  dan  kemampuannya.  Aspek  individualisasi  1ni  meliputi
         antara  lain  disain,  navigasi  dan  integrasi  materi  dalam  berbagai
         media  (leks,  gambar  tetap,  gambar  hidup/video,  suara),
         interaktivitas,   serta   merangsang   terjadinya   meta/earning
         (University of Western Sydney, 1998).
                 Namun  demikian,  seperti  halnya  pemanfaatan  teknologi
         pada  umumnya,  kemampuan  teknologi  pendukung  e-learning
         tidak selalu  dimanfaatkan secara penuh.  Para  praktisi  pendidikan
         merancang  e-learning  dalam  berbagai  tingkatan  sesuai  situasi
         dan  kondisi masing-masing.  Di  Amerika Serikat misalnya,  dimana
         modus  e-learning  sudah  sangat  umum  digunakan  di  setiap
         perguruan  tinggi  tatap  muka  maupun  jarak  jauh,  penerapan  e-
         learning  masih  dikombinasikan  dengan  penggunaan  bahan  ajar
         cetak.  Data  menunjukkan  bahwa  penggunaan  bahan  ajar  cetak






         1
           Pedagogi merupakan ilmu yang membahas tentang seni dan strategi
           belajar mengajar, sedangkan andragogi adalah istilah yang
           diperkenalkan Malcolm Knowles tentang seni dan strategi belajar
           mengajar bagi siswa dew a sa.



         406
   419   420   421   422   423   424   425   426   427   428   429