Page 424 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 424
Belamtli, Penerapmt L-Lt:aming Dalimt l't:ndidtkan ....
1
Dilihat dari sudut pedagogi ataupun andragogi , e-
learning memiliki banyak keunggulan. Teknologi WWW memung-
kinkan perancangan pembelajaran menurut teori desain
intstruksional terbaik secara multimedia yang dapat memfasilitasi
individualisasi proses pembelajaran (Belawati, 2000). Dengan
kata lain, e-learning memudahkan pendidik untuk mengembang-
kan rancangan pembelajaran yang berorientasi pada siswa
(learner oriented atau learner centered). lndividualisasi ini
dimungkinkan karena Internet dan perangkat lunak pendukung e-
leaming memungkinkan siswa untuk melakukan pembelajaran
dengan waktu, kecepatan, urutan, dan sumber belajar sesuai
preferensi dan kemampuannya. Aspek individualisasi 1ni meliputi
antara lain disain, navigasi dan integrasi materi dalam berbagai
media (leks, gambar tetap, gambar hidup/video, suara),
interaktivitas, serta merangsang terjadinya meta/earning
(University of Western Sydney, 1998).
Namun demikian, seperti halnya pemanfaatan teknologi
pada umumnya, kemampuan teknologi pendukung e-learning
tidak selalu dimanfaatkan secara penuh. Para praktisi pendidikan
merancang e-learning dalam berbagai tingkatan sesuai situasi
dan kondisi masing-masing. Di Amerika Serikat misalnya, dimana
modus e-learning sudah sangat umum digunakan di setiap
perguruan tinggi tatap muka maupun jarak jauh, penerapan e-
learning masih dikombinasikan dengan penggunaan bahan ajar
cetak. Data menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar cetak
1
Pedagogi merupakan ilmu yang membahas tentang seni dan strategi
belajar mengajar, sedangkan andragogi adalah istilah yang
diperkenalkan Malcolm Knowles tentang seni dan strategi belajar
mengajar bagi siswa dew a sa.
406