Page 425 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 425

Cukrawala Pendidikan  2



          masih tetap mendominasi metode penyampaian materi ajar utama
          di banyak institusi PJJ di Amerika (Brigham, 1999(



                Multi Media
                                           E-leaming
                                           murni








                     Media
                  Teks Saja


                             Off line Penuh           On-line Penuh



                       Gambar  I. Tingkaran Aplikasi £-learning


                  Dengan  kata  lain,  seperti tampak pada Gambar 1,  variasi
          penerapan  e-learning dapat  dibedakan  pada  beberapa  tingkatan
          tergantung  kepada  disain  aplikasi  interaktivitas  (on-line  secara
          sinkronus  atau  asinkronus,  atau  dikombinasi  dengan  off-line
          secara  tatap  muka)  dan  jenis  media  yang  digunakannya  (satu
          jenis  media,  misalnya  teks  saja,  atau  multi  media).  Secara
          diagramatis, tingkatan tersebut merupakan suatu kontinum seperti
          yang  ditunjukkan  garis diagonal pada  Gambar  1.  lnteraktivitas  itu
          sendiri  dapat  dibedakan  lagi  menjadi  interaktivitas  antara  siswa

          '
          - Survey menunjukkan bahwa 66% dari 9472 courses yang ditawarkan
          secara jarak jauh di Amerika Serikat masih menggunakan bahan ajar
          utama dalam bentuk tercetak (printed materials).




                                                                  407
   420   421   422   423   424   425   426   427   428   429   430