Page 422 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 422
Belawmi, Peuerapan £-Learning Dalwn Pt:'ndidikan ....
jaringan (web-based) maupun yang menggunakan suatu
perangkat lunak pembelajaran asinkronus lainnya.
Sedangkan technology-delivered learning dikemukakan
sebagai suatu pembelajaran yang memiliki ciri-ciri:
• siswa tidak pernah (atau jarang sekali) bertemu secara fisik
dengan guru/instruktur;
• memiliki karakteristik sebagai belajar jarak jauh yang dikenal
dengan sebutan distance education, distributed education,
atau distance learning; dan
• pertemuan tatap muka di kelas yang biasanya dipimpin
guru/instruktur dimodifikasi menjadi bentuk lain atau diganti
dengan pertemuan langsung secara maya (virtual classroom);
• bahan belajar (baik yang berupa kuliah langsung maupun
yang berupa paket yang telah diproduksi sebelumnya)
disampaikan melalui teknologi.
Definisi e-leaming yang kedua ini selaras dengan definisi
Simamora (2002) yang menuliskan bahwa e-learning adalah
suatu bentuk pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan
teknologi komunikasi dan informasi seperti Internet, video!audio-
conterencing, dan CD-ROM. Simamora menambahkan bahwa jika
proses pembelajarannya menggunakan teknologi jaringan kompu-
ter (internet, intranet, ataupun ekstranet) yang dikenal dengan the
world wide web (www) maka e-learning tersebut lebih sesuai jika
disebut web-based learning atau on-line learning.
Thompson (dalam Simamora, 2002) menekankan kelebi-
han-kelebihan e-learning jika dibandingkan dengan pembelajaran
tradisional yang tatap muka, yaitu: fleksibel, interaktif, cepat, dan
visual. Dengan kata lain, konsep e-learning sebenarnya mengacu
kepada suatu proses pembelajaran yang mengintegrasikan
berbagai media (teks, audio, video, dan computing) melalui
pemanfaatan teknologi jaringan komunikasi dan informasi
(Internet, Intranet, Extranet). Pengintegrasian keempat jenis
404