Page 406 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 406

1/aryotw,  Ke/as  Vimwl: l'ettgeuian,  l'otensi ...


         sebagian  dari  isi  pelajaran  yang  akan  diajarkan,  maka  bagian  itu
         tidak  perlu  diajarkan  lagi.  Dengan  cara  ini  pelaJaran  yang
         diberikan akan memenuhi kebutuhan belajar siswa.

         2.  Menulis  Bahan Belajar

                Menurut Arsham  (2002)  isi  pelajaran dalam bahan  belajar
         on  line  itu  identik  dengan  bahan  belajar  yang  digunakan  oleh
         mahasiswa  di  kampus.  Dalam  hal  ini  yang  berbeda  adalah
         metode penyampaiannya.  Siswa tidak mengikuti kuliah  di  kampus
         setiap   minggu,   tetapi   mengikuti   kuliah   dalam   bentuk
         Asynchronous Learning yang  diperoleh melalui  komputer di  mana
         saja dan  kapan saja.  Tantangan bagi perancang bahan belajar on
         line   adalah   bagaimana   merancang   dan   melaksana-kan
         pembelajaran  on  line  yang  efektif  dan  mendorong  terciptanya
         dialog  sehingga  dapat  mengurangi  jarak  psikologi  dan  jarak
         transaksi  dan  akhirnya  dapat  menciptakan  rasa  kebersamaan  di
         an tara  siswa.  Menu rut  Moore  ( 1983)  kalau  Jarak  psikologi  dan
         jarak  transaksi  ini  tidak  dijembatani  bisa  terjadi  kesalahan
         persepsi.  Maksudnya,  siswa  menangkap  konsep  yang  diajarkan
         guru  atau  dosen  dengan  pemahaman  yang  berbeda  dari
         pemahaman dosen atau guru mengenai hal tersebut.
                Menulis  bahan  belajar  on  line  hampir  sama  caranya
         dengan  menulis  modul.  Penulis  perlu  mengikuti  beberapa
         ketentuan seperti yang dipakai dalam menulis modul.


         a.  Menentukan 'Kegiatan Be/ajar' atau 'Bagian'

                lsi  pelajaran  yang  telah  disusun  dalam  rancangan  isi
         (GBIP)  perlu  dibagi  ke  dalam  beberapa  Kegiatan  Belajar  atau
         Bagian.  Banyaknya Kegiatan  Belajar atau  Bagian  dalam  satu  unit
         bahan  belajar  on  line  tergantung  pada  banyaknya  tujuan  khusus
         yang  ingin  dicapai.  Misalnya bila tujuan  khusus yang  ingin dicapai




         388
   401   402   403   404   405   406   407   408   409   410   411