Page 405 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 405
Cakrawala Pendidikan 2
C. Penyajian lsi Pelajaran
Langkah-langkah yang perlu dilalui dalam menyusun
bahan belajar on line tidak jauh berbeda dengan langkah yang
harus dilalui waktu guru atau dosen menulis modul mandiri atau
self-learning material untuk PT JJ.
1. Menyusun rancangan isi pelajaran (Garis Besar lsi
Pelajaran atau GBIP)
Penyusunan ini dilakukan dengan langkah:
a. Pemilihan topik pelajaran. Biasanya topik pelajaran diambil
dari sub-pokok bahasan yang merupakan bagian dari Pokok
Bahasan yang ada dalam GBPP tertentu.
b. Perumusan tujuan pembelajaran umum dan khusus yang
sesuai dengan topik.
c. Perumusan sub-topik yang biasanya dapat diambil dari obyek
tujuan khusus yang telah dirumuskan.
d. Merinci setiap sub-topik ke dalam pokok-pokok isi pelajaran
yang merupakan learning atau teaching points.
e. Menuliskan komponen-komponen rancangan isi pelajaran
tersebut di atas (butir a sampai dengan d) ke dalam format
(matriks) GBIP.
Dalam menyusun GBIP ini kita perlu mengingat saran
Arsham (2002) di atas dengan menganalisis pengetahuan
prasyarat siswa, yaitu pengetahuan yang harus dimiliki siswa
supaya dapat mengikuti pelajaran dengan baik. Bila sebagaian
besar siswa belum memiliki pengetahuan prasyarat itu.
pengetahuan prasyarat itu harus ditambahkan sebagai bagian isi
pelajaran yang akan diajarkan. Disamping itu, perlu juga diperhati-
kan pengetahuan awal, yaitu pengetahuan yang telah dimilki
siswa berkaitan dengan isi pelajaran yang akan diajarkan. Bila
sebagian besar siswa telah memiliki pengetahuan mengenai
387