Page 405 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 405

Cakrawala  Pendidikan 2


         C.  Penyajian lsi Pelajaran

                Langkah-langkah  yang  perlu  dilalui  dalam  menyusun
         bahan  belajar  on  line  tidak  jauh  berbeda  dengan  langkah  yang
         harus  dilalui  waktu  guru  atau  dosen  menulis  modul  mandiri  atau
         self-learning material untuk PT JJ.


         1.  Menyusun rancangan isi pelajaran (Garis Besar lsi
             Pelajaran atau GBIP)

                Penyusunan ini dilakukan dengan langkah:
         a.   Pemilihan  topik  pelajaran.  Biasanya  topik  pelajaran  diambil
             dari  sub-pokok  bahasan  yang  merupakan  bagian  dari Pokok
             Bahasan yang ada dalam GBPP tertentu.
         b.  Perumusan  tujuan  pembelajaran  umum  dan  khusus  yang
             sesuai dengan topik.
         c.   Perumusan sub-topik  yang  biasanya dapat diambil dari obyek
             tujuan khusus yang telah dirumuskan.
         d.  Merinci  setiap  sub-topik  ke  dalam  pokok-pokok  isi  pelajaran
             yang merupakan learning atau teaching points.
         e.  Menuliskan  komponen-komponen  rancangan  isi  pelajaran
             tersebut  di  atas  (butir  a  sampai  dengan  d)  ke  dalam  format
             (matriks) GBIP.
                Dalam  menyusun  GBIP  ini  kita  perlu  mengingat  saran
         Arsham  (2002)  di  atas  dengan  menganalisis  pengetahuan
         prasyarat  siswa,  yaitu  pengetahuan  yang  harus  dimiliki  siswa
         supaya  dapat  mengikuti  pelajaran  dengan  baik.  Bila  sebagaian
         besar  siswa  belum  memiliki  pengetahuan  prasyarat  itu.
         pengetahuan  prasyarat  itu  harus ditambahkan  sebagai  bagian  isi
         pelajaran yang akan diajarkan. Disamping itu, perlu juga diperhati-
         kan  pengetahuan  awal,  yaitu  pengetahuan  yang  telah  dimilki
         siswa  berkaitan  dengan  isi  pelajaran  yang  akan  diajarkan.  Bila
         sebagian  besar  siswa  telah  memiliki  pengetahuan  mengenai



                                                                 387
   400   401   402   403   404   405   406   407   408   409   410