Page 316 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 316
Cnkmll'nln Pendidiknn 2
7. Strategi lnstruksional yang Tepat
Strategi instruksional yang sesuai dengan kondisi sekolah
menentukan kunci sukses pengelolaan sekolah yang otonom.
Strategi instruksional yang tepa! adalah strategi yang mampu
memacu peserta didik belajar dengan cepat. gembira. memiliki
etos kerja dan etika, memiliki kecerdasan emosi. dan mampu
bekerja dalam kelompok. Dengan demikian sekolah harus melatih
para guru untuk mampu melaksanakan strategi instruksional
dengan dukungan manajemen yang efektif.
E. Sistem Jaminan Kualitas Pendidikan
Kualitas pendidikan perlu mendapatkan perhatian serius
pemerintah maupun stakeholders. Perhatian terhadap kualitas
pendidikan semakin intensif semenjak dasawarsa 1980-an melalui
penerapan total quality management (TOM) atau sistem jaminan
kualitas (quality assurance) secara konsisten dan bersifat
menyeluruh, sistematik dan berkelanjutan guna menjawab
tantangan penyelenggaraan pendid1kan berkualitas (Murgatroyd &
Morgan, 1993; Hoy, Bayne-Jardine & Wood. 2000). Di Indonesia,
persoalan kualitas pendidikan nasional sudah lama menjadi
perhatian pemerintah (Beeby, 1979; Soedijarto, 1991; Tilaar,
1995). Persoalannya adalah bagaimana mewujudkan pendidikan
nasional berkualitas sehingga SDM Indonesia memiliki keunggul-
an kompetitif di tingkat regional maupun global.
Kualitas diberi makna yang berbeda oleh peserta didik.
pengguna jasa pendidikan, pemerintah, dan profesi kependidikan.
Kualitas dapat berarti pemenuhan kebutuhan pengguna jasa
pendidikan. Kualitas, manfaat, dan pilihan menjadi ukuran
pengguna jasa dalam kailannya dengan penyediaan jasa
pelayanan pendidikan. Satu hal yang bersifat universal adalah
bahwa kualitas pendidikan mengacu pada pencapaian tujuan
299