Page 316 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 316

Cnkmll'nln  Pendidiknn 2



         7.  Strategi lnstruksional yang Tepat

                Strategi  instruksional yang  sesuai dengan kondisi sekolah
         menentukan  kunci  sukses  pengelolaan  sekolah  yang  otonom.
         Strategi  instruksional  yang  tepa!  adalah  strategi  yang  mampu
         memacu  peserta  didik  belajar  dengan  cepat.  gembira.  memiliki
         etos  kerja  dan  etika,  memiliki  kecerdasan  emosi.  dan  mampu
         bekerja dalam kelompok.  Dengan demikian sekolah harus melatih
         para  guru  untuk  mampu  melaksanakan  strategi  instruksional
         dengan dukungan manajemen yang efektif.

         E.  Sistem Jaminan Kualitas Pendidikan

                Kualitas  pendidikan  perlu  mendapatkan  perhatian  serius
         pemerintah  maupun  stakeholders.  Perhatian  terhadap  kualitas
         pendidikan semakin intensif semenjak dasawarsa 1980-an melalui
         penerapan  total  quality management (TOM)  atau  sistem  jaminan
         kualitas  (quality  assurance)  secara  konsisten  dan  bersifat
         menyeluruh,  sistematik  dan  berkelanjutan  guna  menjawab
         tantangan penyelenggaraan pendid1kan berkualitas  (Murgatroyd &
         Morgan,  1993;  Hoy,  Bayne-Jardine  & Wood.  2000).  Di  Indonesia,
         persoalan  kualitas  pendidikan  nasional  sudah  lama  menjadi
         perhatian  pemerintah  (Beeby,  1979;  Soedijarto,  1991;  Tilaar,
         1995).  Persoalannya  adalah  bagaimana  mewujudkan  pendidikan
         nasional  berkualitas  sehingga  SDM  Indonesia  memiliki  keunggul-
         an kompetitif di tingkat regional maupun global.
                Kualitas  diberi  makna  yang  berbeda  oleh  peserta  didik.
         pengguna jasa pendidikan,  pemerintah, dan  profesi kependidikan.
         Kualitas  dapat  berarti  pemenuhan  kebutuhan  pengguna  jasa
         pendidikan.  Kualitas,  manfaat,  dan  pilihan  menjadi  ukuran
         pengguna  jasa  dalam  kailannya  dengan  penyediaan  jasa
         pelayanan  pendidikan.  Satu  hal  yang  bersifat  universal  adalah
         bahwa  kualitas  pendidikan  mengacu  pada  pencapaian  tujuan



                                                                 299
   311   312   313   314   315   316   317   318   319   320   321