Page 311 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 311
~11/roin dkk, /)ampak Oronmni narro/1 Trrlwdap Taranan ...
dengan nilai moral yang berlaku universal maupun lokal.
Perubahan tersebut menuntut sekolah untuk melakukan
penyesuaian dalam cara pengelolaan, orientasi kurikulum, dan
cara penyampaian materi agar manajemen sekolah menjadi
efektif dan efisien. Sistem pengelolaan ini meliputi keuangan,
sumber daya manusia. organisasi, hubungan dengan masyarakat
dan pemerintah. tujuan sekolah, strategi manajerial, dan
kurikulum sekolah.
D. Strategi Pengelolaan Pendidikan Sekolah dalam
Rangka Otonomi Daerah
Pada dasarnya sistem pendidikan nasional sangat
bervariasi, mulai dari sistem sekolah yang secara ketal terkontrol
oleh birokrasi sampai ke sistem sekolah yang memiliki otonomi
longgar. Sekolah negeri pada umumnya memiliki ketergantungan
yang tinggi terhadap dana pemerintah, sedangkan sebagian
besar sekolah swasta sangat tergantung pada pengguna jasa
pendidikan dan dana masyarakat yang memerlukan layanan
pendidikan. Strategi pengelolaan pendidikan sekolah dalam
rangka otonomi daerah menghendaki beberapa prasyarat yang
harus dipenuhi, yaitu (1) kejelasan konsep otonomi sekolah, (2)
transformasi menuju sekolah yang swakelola, (3) kepemimpinan
yang bervisi, (4) organisasi yang efektif, (5) membangun jaringan,
(6) manajemen internal yang kukuh, dan (7) strategi instruksional
yang tepat.
1. Sekolah yang Otonom
Sekolah yang otonom mensyaratkan kesiapan mengha·
dapi perubahan kultural, membangun jaringan, dan strategi
kepemimpinan yang efektif. Partisipasi masyarakat dalam proses
pendidikan menjadi kebutuhan sistem pendidikan yang baru,
294