Page 312 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 312

Cakrmmla  l'cndrdikan  2



         sekalipun secara  historis sistem  pendidikan  nasional berawal dari
         prakarsa  masyarakat  yang  memihki  kesadaran  tinggi  akan
         pentingnya   pendidikan   generasi   penerus   bangsa.   Untuk
         mendukung otonomi sekolah, peningkatan  kompetensi pendidikan
         harus  . dilakukan  dan  disertai  dengan  pengembangan  sistem
         promosi  dan  karir  yang  dinamis  serta  sistem  kompensasi  yang
         adil dan mencukupi standar hidup layak profesi kependidikan.

         2.  Sekolah Swakelola

                Dalam  konsep  sekolah  swakelola.  manajemen  sekolah
         memiliki  kewenangan  yang  besar  dalam  penentuan  anggaran,
         sumber daya  manusia,  dan  kurikulum.  serta  peningkatan  kualitas
         manajerial.  Manajemen  sekolah  perlu  meningkatkan  kemampuan
         dalam  mengelola  sumber  daya,  menentukan  tujuan,  menyusun
         rencana   operasional  dan  anggaran,  pengembangan  jaringan
         sekolah,  dan  meningkatkan  kemampuan  instruksional  para  guru.
         Kemampuan  melakukan  pengelolaan  secara  mandiri  tidak  berarli
         semua  strategi  harus  dilaksanakan  sendiri  tetapi  sekolah  harus
         aktif  membangun  dan  mengelola  jaringan.  Agar  sekolah
         swakelola  dapat  terwujud,  manajer  pendidikan  perlu  memiliki
         kemampuan teknis dalam menggunakan kewenangan.


         3.  Kepemimpinan  yang Visioner
                Di  tengah  perubahan  lingkungan  yang  tidak  pasti
         diperlukan  pemimpin  yang  memiliki  pandangan  luas  dan
         mendasar yang  mampu  mengelola  perubahan  secara  efektif dan
         efisien.  Pemimpin  yang  visioner  mampu  merumuskan  visi  ke
         depan,  menyebarkan  visi  kepada  seluruh  anggota  organisasi,
         melatih  orang-orang  untuk  mencapai  visi  tersebut,  membangun
         jaringan  dengan  lembaga  lain,  memberikan  insentif,  motivasi dan
         penghargaan kepada bawahan.



                                                                 295
   307   308   309   310   311   312   313   314   315   316   317