Page 314 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 314
Cnkrmmln l'mdidiknn 2
5. Membangun Jaringan
Membangun sekolah berkualitas menghendaki pengem-
bangan jaringan organisasi. Jaringan organisasi berfungsi
sebagai jembatan antara prhak sekolah dengan pihak lain yang
memiliki kepentingan terhadap sekolah (stakeholders). Dengan
membangun jaringan, sekolah memiliki mitra kerjasama saling
menguntungkan dengan pihak lain. Jaringan organisasi sekolah
dapat meliputi orang tua peserta didrk, pemerintah, kalangan
bisnis dan industri, serta penyandang dana.
Pemerintah berkepentingan terhadap terlaksananya
program pendidikan yang telah ditetapkan dan berkewajiban
membina dan memantau kualitas pendidikan. Masyarakat
memiliki kepentingan agar nilai moral terinternalisasi secara
kokoh dalam jiwa peserta didik. lndustri berkepentingan dengan
penyediaan SDM berkualitas yang dibutuhkan untuk mendukung
operasinya. Orang tua berkepentingan dengan mutu sekolah dan
kompetensi anaknya yang dididik di sekolah. Sedangkan LSM
dan lembaga donor berkepentingan untuk menjalin kerjasama
dengan sekolah agar program sosialnya terlaksana dengan baik.
Pendek kala sekolah merupakan muara kepentingan berbagai
pihak untuk kesuksesan programnya. Manajer sekolah yang baik
harus mampu mengambil keuntungan dari jaringan yang
dibangunnya melalui penyusunan program-program kemitraan
pendidikan yang jelas dan tidak merugikan sekolah.
6. Manajemen Internal yang Kukuh
Desain organisasi yang efektif memerlukan manajemen
internal yang kukuh. Organisasi adalah wadah kegiatan,
sedangkan manajemen adalah penggerak kegr~tan. Organisasi
yang efektif harus didukung oleh manajemen yang efektif.
Manajemen yang efektif adalah manajemen yang mencakup
297