Page 319 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 319
!11hairi dU. Otnnomi Darmh Tmnnm1 ....
maupun kompetensi SDM sekolah, dana, dan jaringan yang
memadai. Bagi sekolah yang memiliki kemampuan wirausaha,
campur Iangan pemerintah menjadi faktor yang kurang
menguntungkan karena regulasi pemerintah sering lidak sejalan
dengan kebijakan strategis sekolah. Sekolah yang mandiri
memil1k1 kemampuan untuk mengembangkan kurikulum sesuai
clengan kebutuhan pengguna, merekrut sumber daya manusia
yang hanclal. dukungan pendanaan yang baik, dan jaringan
kem1traan
2. Membangun Sistem Pendidikan Sekolah Berkualitas
Semakin serl1kJ! campur Iangan pemerintah terhadap
s1slern pt:mdidikan sekolah akan memberikan peluang yang besar
bagi sekolah untuk mengembangkan sendiri sistemnya sesuai
dengan kebutuhan. Sekolah memiliki kebebasan dalam mengem-
bangkan standar rekrutmen. pengembangan, penggajian,
hukuman. clan pensiun sesuai dengan kebutuhannya. Dalam
bid;mg akademik. sekolah dapat menerapkan standar seleksi,
kelulusan. proses pembelaJaran. dan UJian. Pemerintah baru
melakukan campur Iangan j1ka terjadi pelanggaran terhadap
regulasi pemenntah
Terhadap sekolah yang dibiayai pemerintah, ada dua hal
yang dapat dilakukan pemerintah. Pertama, untuk sekolah yang
mampu mandiri sebaiknya pemerintah membatasi diri untuk tidak
terlalu mengatur proses pembelaJaran, pengelolaan SDM. dan
p(mentuan pencJanaan. Pemerintah hanya memberikan supervisi
j1ka diperlukan. Kedua, untuk sekolah yang kurang mampu
m;:mrliri. terutamR sekolah di daerah terpencil dan daerah miskin,
pemerintah harus rnemberikan dukungan dan supervisi
sepenuhnya. Tujuannya adalah agar masyarakat tetap dapat
mP-miliki akses terhadap pendid1kan. Apapun yang dilakukan oleh
302