Page 319 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 319

!11hairi dU.     Otnnomi Darmh       Tmnnm1  ....


         maupun  kompetensi  SDM  sekolah,  dana,  dan  jaringan  yang
         memadai.  Bagi  sekolah  yang  memiliki  kemampuan  wirausaha,
         campur  Iangan  pemerintah  menjadi  faktor  yang  kurang
         menguntungkan  karena  regulasi  pemerintah  sering  lidak  sejalan
         dengan  kebijakan  strategis  sekolah.  Sekolah  yang  mandiri
         memil1k1  kemampuan  untuk  mengembangkan  kurikulum  sesuai
         clengan  kebutuhan  pengguna,  merekrut  sumber  daya  manusia
         yang  hanclal.  dukungan  pendanaan  yang  baik,  dan  jaringan
         kem1traan

         2.  Membangun Sistem Pendidikan Sekolah  Berkualitas

                 Semakin  serl1kJ!  campur  Iangan  pemerintah  terhadap
         s1slern  pt:mdidikan  sekolah  akan  memberikan peluang yang  besar
         bagi  sekolah  untuk  mengembangkan  sendiri  sistemnya  sesuai
         dengan  kebutuhan.  Sekolah  memiliki kebebasan  dalam mengem-
         bangkan    standar   rekrutmen.   pengembangan,   penggajian,
         hukuman.  clan  pensiun  sesuai  dengan  kebutuhannya.  Dalam
         bid;mg  akademik.  sekolah  dapat  menerapkan  standar  seleksi,
         kelulusan.  proses  pembelaJaran.  dan  UJian.  Pemerintah  baru
         melakukan  campur  Iangan  j1ka  terjadi  pelanggaran  terhadap
         regulasi pemenntah
                 Terhadap  sekolah  yang  dibiayai  pemerintah,  ada  dua  hal
         yang  dapat  dilakukan  pemerintah.  Pertama,  untuk  sekolah  yang
         mampu mandiri  sebaiknya  pemerintah  membatasi  diri  untuk tidak
         terlalu  mengatur  proses  pembelaJaran,  pengelolaan  SDM.  dan
         p(mentuan  pencJanaan.  Pemerintah  hanya  memberikan  supervisi
         j1ka  diperlukan.  Kedua,  untuk  sekolah  yang  kurang  mampu
         m;:mrliri.  terutamR  sekolah  di  daerah  terpencil  dan  daerah  miskin,
         pemerintah   harus   rnemberikan   dukungan   dan   supervisi
         sepenuhnya.  Tujuannya  adalah  agar  masyarakat  tetap  dapat
         mP-miliki  akses  terhadap  pendid1kan.  Apapun  yang  dilakukan  oleh




         302
   314   315   316   317   318   319   320   321   322   323   324