Page 318 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 318
Ca~m"·o/n l'cndidrkan 2
men dan administrasi. peserta didik. rancangan pengembangan
kurikulum dan mata pelajaran. proses pembelajaran, dan
penilaian.
Penerapan sistem Jaminan kualitas telah mengubah
secara mendasar praktek pengelolaan yang selama 1n1
berlangsung. lmplementasi sistem jamman kualitas memerlukan
komitmen. waktu, usaha, sumber daya yang besar, dan
melibatkan seluruh anggota organisasi. Dengan menggunakan
sistem jaminan kualitas. inst1tusi secara berkala perlu menilai
bagian-bagian organisasi secara sebagian-sebagian dan secara
keseluruhan untuk mengetahui apakah praktek yang dilaksanakan
sesuai dengan standar. Penilaian kritis secara Jujur dan terbuka.
baik internal maupun eksternal, adalah kunci sukses pelaksana-
an sistem jaminan kualitas. Agar efektif, sistem jaminan kualitas
perlu diintegrasikan dengan perencanaan kegiatan tahunan.
Secara nasional, sistem jaminan kualitas berfungsi sebagai
instrumen standarisasi kualitas proses dan produk pendidikan,
sehingga produk pendidikan memiliki kualitas yang merata dan
memiliki daya saing pada tingkat regional maupun global.
F. Prospek dan Tantangan
Otonomi daerah berdampak pada perubahan tatanan
kelembagaan pendidikan sekolah yang meliputi: (1) mewujudkan
sekolah yang mandiri, (2) membangun sistem pendidikan sekolah
berkualitas, dan (3) mencapai kemajemukan kompetensi secara
nasional yang sesuai dengan kebutuhan lokal.
1. Mewujudkan Sekolah yang Mandiri
Penerapan UU No. 22 Tahun 1999 memberikan peluang
kepada sekolah untuk mengembangkan diri. Kemampuan sekolah
ditunjukkan oleh daya dukung yang cukup baik dari segi jumlah
301