Page 277 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 277

ll'1l•o11 ·o.  Otnnomi  l'r'llllr rh knn:  Prlllollg dan



         hasil  pendidikan  dengan  lembaga  pendidikan,  serta  kurangnya
         penekanan pada aspek kreativitas dalam proses pembelajaran.
                Tantangan    relevansi   pendidikan  berkaitan   dengan
         perubahan  struktur  ekonomi  dari  agroindustri  dan  manulaktur  ke
         teknologi  informasi  dan  komunikasi  dalam  era  globalisasi.  Dalam
         struktur  ekonomi  agroindustri  dan  manufaktur,  manajemen
         produksi  dan  SDM  masih  bertumpu  pada  teknologi  mekanik  dan
         produksi  massal  dengan  orientasi  pasar  regional.  Sementara  itu,
         dalam  era  informasi  dan  komunikasi,  manajemen  produksi  dan
         SDM  bertumpu  pada  teknologi  digital  dan  networking  dengan
         orientasi  pasar  global.  Dalam  kenyataannya  pembangunan
         pendidikan  nasional  masih  berorientasi  pada  pendekatan  yang
         linier dan  konvensional  sehingga  mengalami  kejenuhan  dan  tidak
         responsil  terhadap  perubahan  struktur  ekonomi  yang  terjadi  di
         tingkat  regional  dan  global.  Hal  ini  berarti  diperlukan  pergeseran
         prioritas  dan  diversifikasi  sasaran  program  pendidikan  pada
         pengembangan  keterampilan  hidup  dengan  pendekatan  inovatif
         dan  kreatif  yang  berorientasi pada kebutuhan tenaga  kerja sesuai
         tuntutan perubahan struktur ekonomi baru tersebut.
                Tantangan  relevansi  pendidikan  juga  berkenaan  dengan
         pelaksanaan  otonomi  daerah  dalam  konteks  Negara  Kesatuan
         Republik  Indonesia dalam  era  globalisasi.  Masing-masing  daerah
         memiliki  kebutuhan  dan  kekhasannya  sendiri  dan  hal  ini  belum
         terpenuhi  pada  masa  sebelumnya.  Selama  ini  keseimbangan
         antara  keekaan  a  tau  keseragaman.  Data  ten tang  day a  saing
         bangsa  yang  disebut  di  alas  juga  menunjukan  bahwa  relevansi
         pendidikan  Indonesia  dalam  skala  global  masih  rendah.  Semua
         persoalan  relevansi  di  atas  merupakan  tantangan  bagi  reformasi
         pendidikan.








         260
   272   273   274   275   276   277   278   279   280   281   282