Page 277 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 277
ll'1l•o11 ·o. Otnnomi l'r'llllr rh knn: Prlllollg dan
hasil pendidikan dengan lembaga pendidikan, serta kurangnya
penekanan pada aspek kreativitas dalam proses pembelajaran.
Tantangan relevansi pendidikan berkaitan dengan
perubahan struktur ekonomi dari agroindustri dan manulaktur ke
teknologi informasi dan komunikasi dalam era globalisasi. Dalam
struktur ekonomi agroindustri dan manufaktur, manajemen
produksi dan SDM masih bertumpu pada teknologi mekanik dan
produksi massal dengan orientasi pasar regional. Sementara itu,
dalam era informasi dan komunikasi, manajemen produksi dan
SDM bertumpu pada teknologi digital dan networking dengan
orientasi pasar global. Dalam kenyataannya pembangunan
pendidikan nasional masih berorientasi pada pendekatan yang
linier dan konvensional sehingga mengalami kejenuhan dan tidak
responsil terhadap perubahan struktur ekonomi yang terjadi di
tingkat regional dan global. Hal ini berarti diperlukan pergeseran
prioritas dan diversifikasi sasaran program pendidikan pada
pengembangan keterampilan hidup dengan pendekatan inovatif
dan kreatif yang berorientasi pada kebutuhan tenaga kerja sesuai
tuntutan perubahan struktur ekonomi baru tersebut.
Tantangan relevansi pendidikan juga berkenaan dengan
pelaksanaan otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan
Republik Indonesia dalam era globalisasi. Masing-masing daerah
memiliki kebutuhan dan kekhasannya sendiri dan hal ini belum
terpenuhi pada masa sebelumnya. Selama ini keseimbangan
antara keekaan a tau keseragaman. Data ten tang day a saing
bangsa yang disebut di alas juga menunjukan bahwa relevansi
pendidikan Indonesia dalam skala global masih rendah. Semua
persoalan relevansi di atas merupakan tantangan bagi reformasi
pendidikan.
260