Page 280 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 280

Cakrml'a/n  l'rndidiknn 2



         terlibat  keseluruhan  kegiatan  (53%)  dari  sebagian  kecil  yang
         terlibat  di  atas.  Bentuk  keterlibatan  dalam  perencanaan  adalah
         melakukan  identifikasi kebutuhan  bersama dengan  angola komite
         sekolah yang  lain.  Terlibat secara langsung pada kegiatan  adalah
         bentuk  keterlibatan  dalam  pelaksanaan.  Sementara  keterlibatan
         dalam evaluasi adalah menyempurnakan program dan  memeriksa
         laporan program.


         2.  Keterlibatan dalam Pemberdayaan Pendidikan
                Peran  orangtua  murid  dalam  keberlangsungan  proses
         belajar  mengajar  (PBM)  di  luar  iuran  rutin  (SPP,  BP3)  masih
         sangat  kecil.  Hanya  49%  orangtua  yang  terlibat  dalam
         keberlangsungan  PBM  di  luar  iuran  rutin.  Dari  49%  tersebut,
         sebagaian  besar  hanya  terlibat  dalam  menyumbangkan  ide,
         pemikiran  yang  berhubungan  dengan  kemajuan  sekolah  (46%),
         bantuan  fisik  (16%),  bantuan  material dan  dana di  luar iuran  rutin
         (16%),  atau  kombinasi  dua  dari  tiga  jenis  keterlibatan  tersebut
         (19%).   Hanya  3%    saja   yang   terlibat   sekaligus   dalam
         menyumbang ide,  pemikiran, fisik, material, dan dana di luar iuran
         rutin  dan wajib.
                Peran  serta  masyarakat  di  luar  orang  tua  murid  meliputi
         peran  LSM,  perusahaan,  serta  masyarakat  umum  di  sekitar
         sekolah  umumnya  dirasakan  masih  sangat  kurang.  Lebih  dari
         60% dari jumlah sekolah menyatakan tidak  ada unsur masyarakat
         di  luar orangtua  murid yang  berperan serta  dalam  pemberdayaan
         sekolah.  Hanya  sedikit  LSM  yang  ada  dan  umumnya  bergerak  di
         bidang  sosial  dan  ekonomi.  Selama  ini  peran  yang  paling  besar
         dalam  pemberdayaan  sekolah  di  luar  oranQ  tua  murid  adalah
         berasal dari alumni dan donatur tetap dan  tidak tetap.  Masyarakat
         lain  di  sekitar  sekolah  yang  berperan  dalam  pemberdayaan
         sekolah  adalah  pemerintah  desa  di  lingkungan  sekolah,




                                                                 263
   275   276   277   278   279   280   281   282   283   284   285