Page 280 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 280
Cakrml'a/n l'rndidiknn 2
terlibat keseluruhan kegiatan (53%) dari sebagian kecil yang
terlibat di atas. Bentuk keterlibatan dalam perencanaan adalah
melakukan identifikasi kebutuhan bersama dengan angola komite
sekolah yang lain. Terlibat secara langsung pada kegiatan adalah
bentuk keterlibatan dalam pelaksanaan. Sementara keterlibatan
dalam evaluasi adalah menyempurnakan program dan memeriksa
laporan program.
2. Keterlibatan dalam Pemberdayaan Pendidikan
Peran orangtua murid dalam keberlangsungan proses
belajar mengajar (PBM) di luar iuran rutin (SPP, BP3) masih
sangat kecil. Hanya 49% orangtua yang terlibat dalam
keberlangsungan PBM di luar iuran rutin. Dari 49% tersebut,
sebagaian besar hanya terlibat dalam menyumbangkan ide,
pemikiran yang berhubungan dengan kemajuan sekolah (46%),
bantuan fisik (16%), bantuan material dan dana di luar iuran rutin
(16%), atau kombinasi dua dari tiga jenis keterlibatan tersebut
(19%). Hanya 3% saja yang terlibat sekaligus dalam
menyumbang ide, pemikiran, fisik, material, dan dana di luar iuran
rutin dan wajib.
Peran serta masyarakat di luar orang tua murid meliputi
peran LSM, perusahaan, serta masyarakat umum di sekitar
sekolah umumnya dirasakan masih sangat kurang. Lebih dari
60% dari jumlah sekolah menyatakan tidak ada unsur masyarakat
di luar orangtua murid yang berperan serta dalam pemberdayaan
sekolah. Hanya sedikit LSM yang ada dan umumnya bergerak di
bidang sosial dan ekonomi. Selama ini peran yang paling besar
dalam pemberdayaan sekolah di luar oranQ tua murid adalah
berasal dari alumni dan donatur tetap dan tidak tetap. Masyarakat
lain di sekitar sekolah yang berperan dalam pemberdayaan
sekolah adalah pemerintah desa di lingkungan sekolah,
263