Page 157 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 157
rakrmmla !'elld!ifikml 2
Pancasila sebagai landasan idiil dan UUD 1945 masih tetap
disikapi sebagai sumber nilai dan norma yang merupakan
kristalisasi dari pengalaman sejarah masyarakat, bangsa dan
negara Indonesia yang pantas dijadikan ruJukan konseptual dan
operasional. Hal ini juga dapat ditafsirkan, bahwa berbagai
penyimpangan yang Ielah terjadi pada masa Orde Baru yang
hampir menimbulkan kebangkrutan nasional, disikapi bukan
disebabkan oleh rujukannya akan tetap1 oleh manusianya, dalam
hal ini mereka yang duduk dalam lembaga negara tertinggi dan
lembaga-lembaga tinggi negara yang tidak berhasil dengan baik
dalam menjalankan tanggungJawabnya. Jika demikian maka yang
perlu mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh dalam
mengupayakan reformasi pembangunan itu adalah real life
system dari manusianya. Manusia diperlukan dalam dan untuk
reformasi pembangunan adalah individu yang memiliki komitmen
yang tinggi terhadap konsep dan nilai yang dikandung dalam
Pancasila dan UUD 1945: mampu menggunakan potensi
terbaiknya sesuai dengan real life system manusia untuk memikul
tanggungjawab yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945;
serta mampu menjawab tantangan dari dan dalam rea/life system
masyarakat bangsa dan negara Indonesia dalam konteks real life
system masyarakat global.
Kualitas manusia seperti tersebut di alas diperlukan
dalam upaya mencapai tujuan reformasi pembangunan, seperti
tertuang dalam Tap. MPR No. X/MPR/1998 sebagai berikut.
1. Mengatasi krisis ekonomi dalam waktu sesingkat- singkatnya,
terutama untuk menghasilkan stabilitas moneter yang tanggap
terhadap pengaruh global dan pemulihan aktivitas usaha
nasional.
2. Mewujudkan kedaulatan rakyat dalam seluruh sendi
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui
141