Page 158 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 158

perluasan  dan  peningkatan  partisipasi  politik  rakyat  secara
                  tertib untuk menciptakan stabilitas nasional.
               3.  Menegakkan  hukum  berclasarkan  n1lai-nilai  kebenaran  dan
                  keadilan.  Hak  Azasi  Manusia  menuju  terciptanya  ketertiban
                  umum dan perbaikan sikap mental.
               4.  Meletakkan  dasar-dasar  kerangka  dan  agenda  reformasi
                  pembangunan  agama  dan  sosial  budaya  dalam  usaha
                  mewujudkan masyarakat madani.
                      Dari  kutipan  tujuan  reformasi  pembangunan  tersebut,
               tercermin  karakteristik  dari  real life  system  baru  dari  masyarakat
               bangsa dan  negara Indonesia yang diharapkan bisa  digapai  pada
               satu saat kelak.  Real Life System baru  itu  ditandai oleh:  stabilitas
               ekonomi  dan  moneter;  kedaulatan  rakyat  yang  utuh  dan
               menyeluruh;  tegaknya  hukum  yang  benar  dan  adil;  terjaminnya
               Hak  Azasi  Manusia  dalam  suasana  yang  tertib;  dan  kehidupan
               beragame1  dan  sosial  budaya  yang  mantap  sehingga  menopang
               tumbuhnya masyarakat madani.
                      Bila  d1kaitkan  dengan  tuntutan  prilaku  aktor  sosial  yang
               perlu  clikembangkan  melalui  pendid1kan  IPS  sebagaimana
               d1bahas  eli  muka.  karakteristik  real  life  system  baru  yang
               dih<napkan  tersebut  di  alas  perlu  disikapi  dan  diperlakukan
               sebagai  konteks  dan  sekaligus  orientasi  dari  prilaku  berdzikir,
               berpik1r.  dan  bertindak.  Yang  jelas.  kemampuan  mengambil
              keputusan  dan  bertindak  dengan  benar/adil  yang  menjadi  inti
              prilaku  yang  dituntut  dari  seorang  aktor  sosial  secara  konseptual
              sangat  menunjang  semua  karakteristik  dari  real  life  system  baru
              masyarakat bangsa dan negara Indonesia.

              C.  Konstruksi Dimensi Sosial Pendidikan IPS

                      Sebaga1mana  dikemukakan sebelumnya,  Pendidikan  IPS
              baik sebagai suatu sistem pengetahuan maupun sebagai program




               142
   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162   163