Page 158 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 158
perluasan dan peningkatan partisipasi politik rakyat secara
tertib untuk menciptakan stabilitas nasional.
3. Menegakkan hukum berclasarkan n1lai-nilai kebenaran dan
keadilan. Hak Azasi Manusia menuju terciptanya ketertiban
umum dan perbaikan sikap mental.
4. Meletakkan dasar-dasar kerangka dan agenda reformasi
pembangunan agama dan sosial budaya dalam usaha
mewujudkan masyarakat madani.
Dari kutipan tujuan reformasi pembangunan tersebut,
tercermin karakteristik dari real life system baru dari masyarakat
bangsa dan negara Indonesia yang diharapkan bisa digapai pada
satu saat kelak. Real Life System baru itu ditandai oleh: stabilitas
ekonomi dan moneter; kedaulatan rakyat yang utuh dan
menyeluruh; tegaknya hukum yang benar dan adil; terjaminnya
Hak Azasi Manusia dalam suasana yang tertib; dan kehidupan
beragame1 dan sosial budaya yang mantap sehingga menopang
tumbuhnya masyarakat madani.
Bila d1kaitkan dengan tuntutan prilaku aktor sosial yang
perlu clikembangkan melalui pendid1kan IPS sebagaimana
d1bahas eli muka. karakteristik real life system baru yang
dih<napkan tersebut di alas perlu disikapi dan diperlakukan
sebagai konteks dan sekaligus orientasi dari prilaku berdzikir,
berpik1r. dan bertindak. Yang jelas. kemampuan mengambil
keputusan dan bertindak dengan benar/adil yang menjadi inti
prilaku yang dituntut dari seorang aktor sosial secara konseptual
sangat menunjang semua karakteristik dari real life system baru
masyarakat bangsa dan negara Indonesia.
C. Konstruksi Dimensi Sosial Pendidikan IPS
Sebaga1mana dikemukakan sebelumnya, Pendidikan IPS
baik sebagai suatu sistem pengetahuan maupun sebagai program
142