Page 154 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 154
\\'u/11/0f'lllm. !'eni/)('1'1/m !71711 \\'nrgollr'.~0/'0 Sehogoi ....
reformasi ini datang sebagai respon terhadap kegagalan Orde
Baru yang ternyata setelah 32 tahun berkiprah, harus berakhir
dengan sangat tragis yang disimbolkan dengan lengsernya
Presiden Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998, dan tampilnya
Wakil Presiden B.J.Habibie sebagai Presiden Rl ke tiga, yang
bersifat transisional sampai dengan terpilihnya K.H. Abdurahman
Wahid sebagai Presiden Rl ke 4 pilihan MPR hasil Pemilu bulan
Juni 1999.
Dinamika perkembangan masyarakat bangsa negara
Indonesia yang diawali dengan Proklamasi Kemerdekaan 17
Agustus 1945; tumbuh lalu tenggelamnya sistem kehidupan era
Orde Lama; bersambung dengan tumbuh kemudian tenggelam-
nya sistem kehidupan era Orde Baru; dan kini munculnya era
Reformasi yang sedang mencari sistem kehidupannya yang baru,
merupakan suatu real life system yang mencerminkan karak-
teristiknya seperti dilukiskan Sanusi (1998c) dalam kutipan
tersebut.
Yang perlu disadari adalah bahwa perubahan antar era
sistem kehidupan masyarakat Indonesia tidaklah bisa dilihat
secara hitam-putih, dalam arti era berikutnya itu sama sekali
eksklusif b;:nu terlepas dari era sebelumnya, karena infra struktur,
supra struktur, dan manusianya mungkin sebagian besar masih.
Hal itu clapat dipahami karena kehidupan masyarakat itu bukan
saja bersifat terintegrasi dalam komponen-komponen sosialnya,
tetapi juga terintegrasi dengan tempat dan waktunya, atau
menurut Han Kelsen (Kansil, 1986) terkait pada situation
gebundenheit yakni situasi yang memberi suasana tumbuh dan
berkembangnya sistem kehidupan itu. Tentu saja faktor yang
paling dominan adalah manusianya, yakni manusia Indonesia
dengan segala keunikan jasmani dan rohani serta
kebudayaannya, yang tentu saja hal itu pun merupakan suatu real
life system manusia.
138