Page 151 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 151

Cakrall'a!a  l'enrlfrlikan 2



         lain.  Apakah  salah  seorang  kamu  suka  memakan  daging
         saudaranya  yang  mati?  Tentu  kamu  tidak  menyukainya.  Dan
         bertakwalah  kepada  Allah.  Sesungguhnya  Allah  Maha
         penerima taubat dan lagi Maha Penyayang.
             Dengan  mengkombinasikan  metode  kerja  ilmiah  dalam
     melihat  fenomena  konflik  dalam  kehidupan  bermasyarakat
     dengan  tilikan  Ourani  terhadap  fenomena  dan  cara  yang
     sebaik-baiknya  dalam  melihat  fenomena  tersebut,  seorang  aktor
     sosial  akan  dapat  melakukan  proses  'berdzikir-berpikir  dan
     bertindak-berdzikir'  secara  utuh.  Prilaku  aktor  sosial  seperti  itu,
     sekaligus   mencerminkan   bagimana   seorang   aktor  sosial
     membangun  pengetahuan  (epistemologi)  dengan  cara  melihat
     obyek  telaahannya  (ontologi).  dan  menggunakan  pengetahuan-
     nya itu  (aksiologi) secara utuh dalam koridor 'dzikrullah'.
            Dari  keseluruhan  pembahasan  tersebut,  kiranya  dapat
     disimpulkan bahwa  konsep aktor sosial  yang  seyogyanya menjadi
     sasaran  dari  pendidikan  IPS  adalah  sosok  individu  warga  negara
     Indonesia  yang  mampu  mengambil  keputusan  dan  bertindak
     secara  cerdas  dan  benar/adil  dalam  koridor  dzikrullah.  Dengan
     demikian   dalam   dirinya   tumbuh   suatu   paradigma   utuh
     'berdzikir-berpikir dan bertindak-berdzikir'.

     B.  Tantangan Dalam Perubahan Masyarakat

            Kenyataan  menunjukkan  bahwa  individu,  yang  sebelum-
     nya disikapi sebagai aktor sosial, merupakan bagian yang tak bisa
     dipisahkan  dari  masyarakat  lokal,  nasional,  dan  global.  Rasanya
     kisah  Nabi  Adam  Allaihi  Salam  dan  Siti  Hawa,  sebagai  suami-istri
     anggota  embrio  masyarakat  manusia  pertama,  yang  karena
     kehendak  Allah  Subhanahu Wataala terpisah  jauh hampir seratus
     tahun  lamanya  dan  pada  akhirnya  dipertemukan-Nya  kembali  di
     Jabbal  Rakhmah;  serta  kisah  Robinson  Crusso  yang  bisa  hidup




                                                             135
   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155   156