Page 149 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 149

!nkmwa/a l'endidikn11  2



       berpikir menawarkan  The  Six Thinking Hats  Methods atau parallel
       thinking dengan ciri-ciri utama sebagai berikut.
       (1)  Topi Putih    berpikir  netral,  objeklif.  sesuai  informasi dan
                          data
       (2)  Topi Merah    berpikir  emosional,  sesuai  perasaan  dan
                          intuisi
       (3)  Topi Kuning:   berpikir logrk positif (+),  rasional untuk Ya
       (4)  Topi Hitam    berpikir logik negatif (-),  rasional untuk Tidak
       (5)  Topi Hijau    berpikir  lateral  atau  kreatif  untuk  Temukan
                          Alternatif'
       (6)  T opi Biru    meta-berpikir.  berpikir  untuk  mengendalikan
                          berpikir.
              Sebagaimana  ditegaskan  oleh  Sanusi  (1998a),  ke  en am
       alternatif metode berpikir model de Bono tersebut tidaklah  bersifat
       eksklusif karena  itu  kesemuanya  dapat digunakan sesuai dengan
       kebutuhan  dan  konteks.  Namun  karena  proses  berpikir  tersebut
       sesungguhnya  merupakan  bagian  integral  dari  proses  episte-
       mologi,  yakni  kegiatan  indrvidu  dalam  membangun  sistem
       pengetahuan,  penerapan  semua  model  berpikir  secara  murni
       dapat  menggiring  individu  untuk  mengambil  keputusan  yang
       murni  cerdas-ilmiah.  Tentu  saja  keputusan  tersebut  akan  cukup
       memadai  jika  dilihat  dari  kriteria  kebenaran  menurut  kaca  mata
       extraceptive knowledge yakni  scientific truth,  tapi  belum  tentu jika
       hal  itu  dilihat  kriteria  kebenaran/keadilan  menurut  kaca  mala
       intraceptive  knowledge  (prophetic  truth)  yang  memang  menjadi
       sandaran  dari  koridor  dzikrullah.  Hal  itu  sangat  panting,  karena
       kernampuan  mengambil  keputusan  yang  cerdas  dan  benar/adil
       yang  seyogyanya  dikembangkan  dalam  pendidikan  IPS  adalah
       yang berada dalam koridor dzikrul/ah.
              Untuk  itu  dalam  penerapan  berbagai  metode  berpikir
       tersebut  perlu  dibingkai  oleh  penyingkapan  makna  yang  ada
       dibalik  aspek  ontologi  dari  metode  berpikir  tersebut.  Fenomena



                                                               133
   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154