Page 149 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 149
!nkmwa/a l'endidikn11 2
berpikir menawarkan The Six Thinking Hats Methods atau parallel
thinking dengan ciri-ciri utama sebagai berikut.
(1) Topi Putih berpikir netral, objeklif. sesuai informasi dan
data
(2) Topi Merah berpikir emosional, sesuai perasaan dan
intuisi
(3) Topi Kuning: berpikir logrk positif (+), rasional untuk Ya
(4) Topi Hitam berpikir logik negatif (-), rasional untuk Tidak
(5) Topi Hijau berpikir lateral atau kreatif untuk Temukan
Alternatif'
(6) T opi Biru meta-berpikir. berpikir untuk mengendalikan
berpikir.
Sebagaimana ditegaskan oleh Sanusi (1998a), ke en am
alternatif metode berpikir model de Bono tersebut tidaklah bersifat
eksklusif karena itu kesemuanya dapat digunakan sesuai dengan
kebutuhan dan konteks. Namun karena proses berpikir tersebut
sesungguhnya merupakan bagian integral dari proses episte-
mologi, yakni kegiatan indrvidu dalam membangun sistem
pengetahuan, penerapan semua model berpikir secara murni
dapat menggiring individu untuk mengambil keputusan yang
murni cerdas-ilmiah. Tentu saja keputusan tersebut akan cukup
memadai jika dilihat dari kriteria kebenaran menurut kaca mata
extraceptive knowledge yakni scientific truth, tapi belum tentu jika
hal itu dilihat kriteria kebenaran/keadilan menurut kaca mala
intraceptive knowledge (prophetic truth) yang memang menjadi
sandaran dari koridor dzikrullah. Hal itu sangat panting, karena
kernampuan mengambil keputusan yang cerdas dan benar/adil
yang seyogyanya dikembangkan dalam pendidikan IPS adalah
yang berada dalam koridor dzikrul/ah.
Untuk itu dalam penerapan berbagai metode berpikir
tersebut perlu dibingkai oleh penyingkapan makna yang ada
dibalik aspek ontologi dari metode berpikir tersebut. Fenomena
133