Page 145 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 145

\nhmt nln  f'('llr/idikml  2


      menu rut  Goleman  ( 1986),  dimensionalitas  tersebut  terbagi  ke
     dalam  dimensi  'rational  and  emotional  intelligences',  kemudian
     oleh  Sanusi  (1998a}  ditambah  secara  khusus  dengan  dimensi
      'spiritual intelligence', dan mungkin dapat ditambah dengan  'social
      intelligence'.
             Secara  utuh  saya  melihat  PIPS  sebagai  suatu  sistern
     pengetahuan  dan  program  kurikuler.  memiliki  dimensi  rasional,
     emosional,  spiritual,  dan  sosial.  Dimensi  rasional  berkenaan
     dengan  proses  berpikir  ilmiah,  dimensi  emosional  berkenaan
     dengan  nilai  dan  norma,  dimensi  spiritual  berkenaan  dengan
     keimanan  dan  ketaqwaan.  dan  dimensi sosial  berkenaan  dengan
     sikap dan  keterampilan mengenai hubungan antar manusia dalam
     bermasyarakat (interrelationships).
             Dalam  artikel  ini  saya  mencoba  memusatkan  perhatian
     pada  d1mensi  sosial  dari  PIPS  baik  sebagai  sistem  pengetahuan
     maupun  sebagai  program  kurikuler.  Dimensi  ini  dipilih  karena
     sesungguhnya  hal  itu  merupakan  dimensi  utama,  yang  sekaligus
     merupakan  jati  diri  PIPS.  Tiga  dimensi  PIPS  lainnya,  yakni
     dimensi  rasional,  emosional,  dan  spiritual,  merupakan  dimensi
     sinergetik  PIPS  dengan  sistern  pengetahuan  dan  program
     kurikuler lainnya.
            Dalam  konteks  itu  akan  dipaparkan  em pat hal,  yaitu:  (1)
     individu  sebagai  aktor  sosial,  (2)  tantangan  dalam  perubahan
     masyarakat  Indonesia,  (3)  kontruksi  dimensi  sosial  pendidikan
     IPS, dan (4) kesimpulan dan  rekomendasi.

     A.  lndividu Sebagai Aktor Sosial

            lstilah  aktor  sosial  yang  dipakai  dalam  orasi  ini  diadopsi
     dari  istilah  social actor yang  digunakan  oleh  Banks  (1977)  untuk
     menunjukkan  sasaran  social  studies  yang  dikatakannya.  "We
     believe that the ultimate goal of the social studies should be to de-




                                                             129
   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150