Page 144 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 144

\\./1/olllfJ/tlm.  l'nn/wrrlm 111111  \\'organl'goro  Sehogai


            seutuhnya  menurut  GBHN,  sesuai  dengan  jalur  dan  jenjang
            pendidikannya.
                    Sebagai  program  kurikuler,  PIPS  sudah  cukup  lama
            tumbuh.  Dalam  Dunia  persekolahan  dapat  dicatat  bahwa  mala
            pelajaran  dengan  konsep  tersebut  secara  formal  mulai  masuk  ke
            dalam  Kurikulum  SO  1968  dengan  nama  Pendidikan  Kewargaan
            Negara  yang  di  dalamnya  mencakup  materi  subyek  ilmu  bumi,
            sejarah,  dan  civics  (pengetahuan  kewargaan  negara);  Kurikulum
            PPSP  1973;  Kurikulum  1975;  Kurikulum  1984;  dan  Kurikulum
            1994.  Bersamaan  dengan  itu,  mulai  tahun  1970-an  konsep  PIPS
            dikembangkan sebagai  program  pendidikan guru di  FPIPS/JPIPS,
            dan  pada  tahun  1980-an  dikembangkan  di  PPS  (Winataputra,
            1998).
                    PIPS  sebagai  program  kurikuler  kelihatannya  Ieiah
            berkembang  sendin  merujuk  kepada  tradisi  ilmu-ilmu  sosial,  ilmu
            pencJidikan,  kebijakan  pendidikan  persekolahan,  dan  perkem-
            bangan  masyarakat.  Sedangkan  PIPS  sbagai  sistem  pengetahu-
            an  kelihatannya  masih  belum  terkonstruksi  dengan  rapih.  Yang
            adi1  i1di11ah  Konsep  PIPS  menurut  pendapat  masing-masing
            pnkar.  Misalnya  konsep  PIPS  ala  Achmad  Sanusi  (1998b)  yang
            leb1h  bernuansa  makro  konseptual  dan  konsep  PIPS/PDIPS  ala
            Soemnnlri  (1998)  yang  bernuansa  kurikuler  dan  disipliner.  Oleh
            kRrena  itu  dirasakan  perlunya  suatu  sinergisme  akademik  yang
            mengarah  pada  upaya  pengembangan  PIPS  sebagai  suatu
            sistern  pengetahuan,  yang  secara  konseptual  akan  menjadi
            rujukan  dan  sumber dari  PIPS sebagai program  kurikuler.
                   Baik  sebagai  sistem  pengetahuan  maupun  sebagai
            rrogram  kurikuler,  PIPS  pada  dasarnya  bersifal  multidimensional
            cJrJiam  tujuan,  struktur  isi  dan  sumbernya,  serta  proses,  dan
            1mpl1kasi  operasionalnya.  Mengenai  dimensionalitasnya,  Joyce
            (dalam  Winataputra.  1989)  mengidentifikasi  adanya  dimensi
            intelektual,  personal,  dan  sosial.  Dilihat  dari  konsep  kecerdasan



            128
   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149