Page 139 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 139
('af.:rmt·a/a Pfllrllllikmr 2
muan rutin untuk berbagi pengalaman di antara para guru,
pelatihan pembuatan dan penggunaan med1a pembelajaran.
mengundang pakar pembelaJaran ke sekolah, atau mengirimkan
guru untuk mengunjungi sekolah lain yang dianggap berprestasL
Sebagai pengajar atau presenter, guru harus dibantu meningkat-
kan keterampilan dasar mengajarnya. Hal ini dapat dilakukan
dengan membantu guru mengidentifikasi kelebihan dan kekurang-
annya melalu1 observasi yang dilakukan oleh teman sejawat.
Tersedianya peluang seperti ini dan pengaturan jadwal yang
mengakomodasi kepentingan bersama merupakan fasilitasi
sekolah yang sangat berharga bagi peningkatan kemampuan
professional guru.
D. Penutup
Pembelajaran berkualitas merupakan pembelajaran yang
dapat menumbuhkan rasa aman dan nyaman serta hasrat atau
kerinduan belajar pada diri siswa. Selanjutnya, pembelajaran
berkualitas mampu membuahkan hasil belajar yang berkualitas
pula. Untuk mewujudkan pembelajaran seperti itu, perubahan
harus dilakukan pada seluruh komponen pendidikan, mulai dari
pengambil kebijakan sampai kepada siswa, guru, dan
masyarakat. Perubahan yang paling mendasar untuk mewujudkan
pembelajaran berkualitas adalah perubahan sikap mental
(mindset) pada semua komponen/pihak. Perubahan ini dapat
ditandai dengan berbagai indika~r sesuai dengan peran masing-
masing komponen/pihak. Pengambil kebijakan harus menghasil-
kan kebijakan yang memberi peluang bagi terwujudnya
pembelajaran berkualitas. Sementara itu, guru, siswa, pimpinan
sekolah. para administrator. serta para orang tua siswa dan
anggota masyarakat harus menunjukkan komitmen yang
konsisten untuk memperbaiki diri secara terus-menerus. serta
123