Page 137 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 137

Cakrmmla ffndidif.:an  2


       Jasmani,  atau  mencontohkan  cara  membuat  anyaman  dalam
       kegiatan keterampilan.


       5.  Membantu Guru Menjadi Guru yang  Berkualitas
              Sebagaimana  Ieiah  disiratkan  pada  bagian  awal  tulisan
       ini,   guru   mempunyai   peran   sentral   dalam   mewujudkan
       pembelajaran  berkualitas.  Tanpa  mengecilkan  peran  komponen
       lain  dalam  menciptakan  pembelajaran  berkualitas,  tampaknya
       tekanan  utama  pada  guru  merupakan  sesuatu  yang  wajar.
       Berkartan  dengan  hal  ini,  bantuan  apa  yang  harus  diberikan
      kepada  guru  agar  ia  mampu  memainkan  perannya  dengan
       sempurna.  Untuk  membahas  hal  ini,  terlebih  dahulu  harus
      diidentifikasi  peran  guru  dalam  pembelajaran.  Dalam  berbagai
      pembaharuan  pendidikan  selalu  ditekankan  agar  pembelajaran
      secara   berangsur-angsur   bergeser   riari   'teacher-centered'
      menjadi  'student-centered'.  Oleh  karena  itu.  peran  guru  secara
      berangsur-angsur  bergeser  dan  pengajar  menjadi  fasilrtator.
      Namun  demikian.  peran  sebagai  pengajar  atau  ada  yang
      menyebutnya  sebagai  'presenter'  tentu  tidak  boleh  dilupakan.
      Bagaimanapun  juga.  satu  saat  guru  perlu  menyajikan  sesuatu
      kepada  para  siswanya.  Dengan  demikian,  kondisi  yang  ideal
      adalah  terintegrasinya  peran  sebagai  pengajarlpresenter  dan
      peran sebagai fasilitator.
              Sebagai  pengaJar.  perilaku  yang  ditunJukkan  guru  sangat
      mempengaruhi kualitas pembelaJaran.  Sebagaimana yang disam-
      paikan  oleh  Glasser  (1993).  peran  guru  dalam  pembela]aran
      berkualitas  adalah  sebagai  pemimpin  bukan  sebagai  bos  yang
      selalu  memerintah.  Penlaku  seorang  pem1mpin  harus  dapat
      ditunjukkan  oleh  guru.  sehingga  para  srswa  yang  dipimpinnya
      merasa  bahwa  mereka  dibawa  ke  arah  yang  benar.  Disamping
      itu,  sebagai  pengajar,  guru  harus  menunjukkan  perilaku  yang




                                                              121
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142