Page 133 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 133

(' akrmmla Pe/1(/idikan  2



       berkualitas  tidaknya  satu  pembelajaran.  Jika  konsep  pembelajar·
       an  berkualitas  seperti  yang  telah  diuraikan  dianut  secara
       konsisten maka penerapannya memerlukan kebijakan yang terkait
       dengan  peran  pemerintah.  peran  tenaga  kependidikan,  masyara-
       kat.  dan keluarga. serta kurikulum. pembelajaran, dan penilaian.
              Komponen  yang  paling  banyak  dikeluhkan  selama  ini
       adalah  komponen  penilaian.  Tinggi  rendahnya  kualitas  sekolah
      diukur dengan  NEM  yang  drcapai  oleh  siswa  di  sekolah  tersebut.
       Padahal.  kalau  dikaji  secara  cermat.  Ebtanas  hanya  menguji
      kemampuan  kognitif,  itupun  kalau  perangkat  tesnya  dapat
      dipercaya.  Tolok  ukur  seperti  itu  tampaknya  tidak  sesuai  lagi
      dengan  konsep  pembelajaran  berkualitas  yang  sudah  diuraikan.
      Sudah  saatnya  prestasi  satu  sekolah  tidak  diukur  hanya  dengan
      NEM.  namun dengan alat asesmen  yang  lebih komprehensif yang
      antara  lain  mencakup:  prestasi  sekolah  dalam  kegiatan  ekstra-
      kurikuler,  kegiatan  ilmiah  remaja,  sopan  santun/etika  para  siswa
      di  sekolah  tersebut.  partisipasi  siswa  dalam  berbagai  kegiatan
      akademik/ilmiah  di  luar  sekolah.  serta  prestasi  lain  yang  pernah
      dicapai oleh sekolah tersebut.
             KebiJakan  dalam  bidang  ini  harus  segera  ditangani,
      sehingga dalam  pembelajaran,  kebijakan tersebut dapat dijadikan
      acuan  oleh  para  guru.  Lebih-lebih  dalam  kaitan  otonomi  daerah
      yang  membuka  peluang  bagi  daerah  untuk  menyelenggarakan
      pendidikan  sesuai  dengan  kebutuhan  daerah,  dengan  tetap
      mengacu  kepada  standar  nasional,  kebijakan  seperti  itu
      merupakan sesuatu yang harus ada (Suparman, dkk. 2002).

      2.  Melakukan Evaluasi Diri

             Untuk  menerapkan  perbaikan  kualitas  pembelajaran,
      seyogyanya sekolah secara  lembaga. serta guru secara individual
      dan  kelompok  melakukan  evaluasi  terhadap  pembelajaran  yang




                                                              117
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138