Page 134 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 134

\l'rmiani,  f>tl>lhe/ajamn  Rrrkua/itas.· Knlll!'f'···.


            selama  ini  berlangsung  di  sekolah.  Evaluasi  diri  dapat  dilakukan
            dengan  refleksi,  yaitu  mengingat  kembali  kondisi  sekolah  dan
            pembelajaran  yang  dikelola,  kemudian  membandingkannya
            dengan  empat  pilar  sekolah  berkualitas  dan  rambu-rambu
            pembelajaran berkualitas yang telah diuraikan.
                   Sebagai  lembaga,  pimpinan  sekolah  dapat  melihat
            kembali  kondisi  keempat  pilar  tersebut  di  sekolahnya.  Melalui
            relleksi  dan  analisis  yang  sistematis.  dapat  dikaji  (1)  Bagaimana
            tingkat kepuasan penyedia dan pelanggan, baik yang  berasal  dari
            dalam,  seperti  guru,  siswa,  pegawai  administrasi,  maupun  yang
            berasal  dari  luar  seperti  orang  tua  dan  masyarakat  luas.  (2)
            Apakah  keinginan  dan  komitmen  untuk  memperbaiki  diri  secara
            terus-menerus  sudah  tumbuh  pada  semua  pihak  yang  terltbat
            dalam  organisasi  sekolah.  (3)  Apakah  dalam  pengelolaan
            sekolah,  terutama  dalam  pembelajaran,  sudah  diterapkan
            pendekatan  proses  atau  apakah  proses  sudah  menjadi  fokus
            perhatian.  (4)  Apakah  kepemimpinan  kepala sekolah sudah cukup
            kuat dan konsisten serta dirasakan oleh  semua.
                   Selanjutnya,  guru,  baik  secara  individual,  maupun  dalam
            kelompok,  dapat  melakukan  refleksi,  minimal  terhadap  enam
            kondisi  yang  dipersyaratkan untuk menjadi guru  yang  berkualitas.
            Refleksi  dapat  dilakukan  dengan  mengingat  ulang  pembelajaran
            yang  dikelola  dan  mengaitkannya  dengan  sejumlah  pertanyaan,
            an tara  lain:  (1)  Apakah  iklim  pembelajaran membuat siswa betah
            belajar  atau  sebal1knya.  (2)  Apakah  jenis  tugas  yang  diberikan
            kepada  siswa  cukup  bermanfaat  dan  menarik  bagi  siswa.  (3)
            Apakah  hasil  kerja  yang  ditunjukkan  siswa  merupakan  hasil
            terbaik yang dapat dicapainya.  (4)  Apakah guru  selalu mendorong
            siswa  untuk  menilai  dan  memperbaiki  hasil  kerjanya  sendiri.  (5)
            Apakah  hasil  kerja  siswa  menimbulkan  rasa  senang  bagi  siswa
            dan guru, serta (6) apakah  ada  yang merasa kecewa atau merasa
            disakiti jika seorang siswa mencapai hasil yang baik.



            118
   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139