Page 135 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 135

Cnkrawa/a  Pendidikan 2



     3.  Melakukan Perbaikan
             Berdasarkan  hasil  evaluasi  diri,  sekolah  dan  guru  segera
     melakukan  perbaikan.  Bagi  sekolah,  perbaikan  ini  dapat  berupa
     pengaturan  sarana  dan  fasilitas  belajar,  pembagian  tugas,  atau
     serangkaian   pertemuan   untuk   mensosialisasikan   rencana
     perbaikan dan  penyegaran  konsep pembelaJaran berkualitas, dan
     jika  perlu  diikuti dengan observasi pembelaJaran  berkualitas.  Bagi
     guru,  perbaikan  harus  segera  dimulai  dengan  mengubah  sikap,
     dari  yang  b1asa  mendominasi  kelas  secara  berangsur-angsur
     mengurangi  dominasi  dengan  menyediakan  kondisi  yang
     memngkatkan  keterlibatan  siswa.  Misalnya,  merancang  tugas-
     tugas  yang  bermanfaat  dan  menarik  yang  dapat  dikerjakan  siswa
     secara  individual  atau  kelompok  dengan  bantuan  yang  minimal
     dari  guru,  memberi  balikan  yang  memungkinkan  siswa  mampu
     menilai  dan  memperbaiki  hasil  kerjanya  sendiri  atau  menerima
     prakarsa yang diajukan siswa untuk dibahas bersama.


     4.  Menjadi Model

            Model  merupakan  media  yang  sangat  efektif  dalam
     pembelajaran  bagi  semua  tingkatan  usia,  terutama  bagi  anak-
     anak  (Elias,  et  al.,  1997).  Seorang  siswa  akan  jauh  lebih  mudah
     belajar dari  model daripada belaJar  yang  bersumber dari  sesuatu
     yang  diceritakan.  Siapa  yang  dapat menjadi  model?  Jawabannya
     sangat  mudah,  yaitu  semua  orang  yang  terkait  dengan  sekolah/
     pembelajaran:  guru,  pegawai  administrasi,  kepala  sekolah,
     pengawas, para pejabat dalam bidang pendidikan, serta orang tua
     dan  masyarakat  sekitar.  Di  antara  semua  orang  tersebut,  model
     yang  secara  langsung  berhadapan  dengan  siswa  adalah  guru  di
     sekolah  dan  orang  tua  di  rumah.  Kedua  sosok  ini  dapat menjadi
     model  bagi  siswa,  sehingga  siswa  dapat  menyaksikan  perilaku




                                                             119
   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140