Page 135 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 135
Cnkrawa/a Pendidikan 2
3. Melakukan Perbaikan
Berdasarkan hasil evaluasi diri, sekolah dan guru segera
melakukan perbaikan. Bagi sekolah, perbaikan ini dapat berupa
pengaturan sarana dan fasilitas belajar, pembagian tugas, atau
serangkaian pertemuan untuk mensosialisasikan rencana
perbaikan dan penyegaran konsep pembelaJaran berkualitas, dan
jika perlu diikuti dengan observasi pembelaJaran berkualitas. Bagi
guru, perbaikan harus segera dimulai dengan mengubah sikap,
dari yang b1asa mendominasi kelas secara berangsur-angsur
mengurangi dominasi dengan menyediakan kondisi yang
memngkatkan keterlibatan siswa. Misalnya, merancang tugas-
tugas yang bermanfaat dan menarik yang dapat dikerjakan siswa
secara individual atau kelompok dengan bantuan yang minimal
dari guru, memberi balikan yang memungkinkan siswa mampu
menilai dan memperbaiki hasil kerjanya sendiri atau menerima
prakarsa yang diajukan siswa untuk dibahas bersama.
4. Menjadi Model
Model merupakan media yang sangat efektif dalam
pembelajaran bagi semua tingkatan usia, terutama bagi anak-
anak (Elias, et al., 1997). Seorang siswa akan jauh lebih mudah
belajar dari model daripada belaJar yang bersumber dari sesuatu
yang diceritakan. Siapa yang dapat menjadi model? Jawabannya
sangat mudah, yaitu semua orang yang terkait dengan sekolah/
pembelajaran: guru, pegawai administrasi, kepala sekolah,
pengawas, para pejabat dalam bidang pendidikan, serta orang tua
dan masyarakat sekitar. Di antara semua orang tersebut, model
yang secara langsung berhadapan dengan siswa adalah guru di
sekolah dan orang tua di rumah. Kedua sosok ini dapat menjadi
model bagi siswa, sehingga siswa dapat menyaksikan perilaku
119